KALAPAS PEKALONGAN GELORAKAN PENGUATAN REFORMASI BIROKRASI DENGAN REVOLUSI MENTAL

PAPARAN RB 4

PEKALONGAN, - Meskipun dalam kondisi banjir, tak menyurutkan semangat petugas Lapas Pekalongan untuk mengikuti Sosialisasi Penguatan Reformasi Birokrasi dan Penguatan Tata Nilai Kami PASTI pada Rabu siang (21/09) di Aula Lapas Pekalongan. Pemateri pada acara sosialisasi tersebut adalah Kalapas Pekalongan, M. Hilal dan M. Agung Nugroho, Kasubsi Sarana Kerja pada Lapas Pekalongan yang sehari sebelumnya (20/09) telah mengikuti acara serupa di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Materi yang disampaikan meliputi Reformasi Birokrasi di Kementerian Hukum dan HAM RI, dan Revolusi Mental Berprestasi dengan Nilai-nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

Pada kesempatan pertama Agung menyampaikan gambaran umum reformasi birokrasi dan revolusi mental. Dalam paparannya, Agung menyampaikan kondisi umum pelayanan publik yang belum maksimal dan latar belakang reformasi birokrasi, “Pelayanan publik yang belum maksimal berakibat munculnya ketidakpercayaan dan ketidakpuasan masyarakat sehingga menimbulkan citra aparatur negara yang buruk. Maka dari itu diperlukan Reformasi Birokrasi dengan Revolusi Mental yang memuat tiga nilai utama yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.”

Selanjutnya Kalapas Pekalongan, M Hilal, menegaskan bahwa untuk mewujudkan reformasi birokrasi, seluruh petugas Lapas Pekalongan harus merubah pola pikir (mindset) secara profesional. ”Reformasi Birokrasi akan sukses jika kita mau merubah mindset dengan 4K yaitu Kompetensi, Kreativitas dan inovasi, Koneksi dan Konsistensi. Kita juga harus menebarkan kebaikan dalam bekerja dengan Revolusi Mental dan mari kita dukung Agen Perubahan.”

Lebih lanjut lagi Hilal menyampaikan bahwa setiap pegawai yang mengikuti sosialisasi harus dapat menyampaikan kepada seluruh petugas Lapas Pekalongan agar ilmu yang didapatkan lebih bermanfaat. “Setiap pegawai yang ditugaskan untuk mengikuti sosialisasi atau diklat merupakan Agen Perubahan Lapas Pekalongan. Tugas utama agen perubahan harus bisa menanamkan nilai-nilai Reformasi Birokrasi dalam pelaksanaan tugas kedinasan di Lapas Pekalongan dengan tata nilai Kemenkumham yaitu kami PASTI; Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif,” Ujarnya mantap dan bergelora.

Kontributor : M. Anang Saefulloh (Lapas Pekalongan)

PAPARAN RB 5

 

PAPARAN RB 1

PAPARAN RB 3

PAPARAN RB 7


Cetak   E-mail