Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016

 

IMG 6709

Semarang (22/12) – Untuk memperingati Hari Ibu Ke-88 Tahun 2016, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah telah melaksanakan Upacara Bendera bertempat di lapangan Upacara Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng Bambang Sumardiono selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, Peringatan Hari Ibu dilaksanakan dengan tema "Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk Mewujudkan Indonesia yang Bebas dari Kekerasan, Perdagangan Orang, dan Kesenjangan Akses Ekonomi terhadap Perempuan". Tema tersebut selaras dengan arah kebijakan pembangunan Perlindungan Perempuan dan Anak sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2015-2019 yang didasarkan pada Nawacita.

IMG 6723

Seluruh petugas upacara seperti pengibar bendera, Pembaca pembukaan UUD 1945, Pembaca do'a dan Pembawa acara seluruhnya perempuan. Upacara tersebut merupakan refleksi untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan serta peran aktif dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara secara berkelanjutan dan berkeadilan demi mewujudkan tujuan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, bahwa Sejalan dengan visi Kementerian Hukum dan HAM yaitu Masyarakat Memperoleh Kepastian Hukum, maka kepada seluruh insan Kementerian Hukum dan HAM saya instruksikan untuk mendukung dan mewujudkan kesetaraan perempuan dan laki-laki serta menguatkan upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sehari-hari. Selain menerapkan untuk dirinya pribadi, saya berharap insan Kementerian Hukum dan HAM juga dapat menjadi motor penggerak dilingkungannya untuk mewujudkan hal tersebut.

IMG 3670

IMG 6715

Kita PASTI dapat melakukannya mengingat besarnya sumber daya yang dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM, yaitu adanya Kantor Wilayah di tiap-tiap provinsi dan juga Unit Pelaksanan Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, dengan didasarkan pada semangat Hari Ibu ke-88, Kementerian Hukum dan HAM dapat berkontribusi mewujudkan tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun Suistanability Development Goals (SDGs) yang menginginkan pada tahun 2030 dunia terbebaskan dari berbagai bentuk kekerasan terhadap anak dan perempuan.

IMG 3675

IMG IBU

Dalam akhir sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI mengajak kepada Jajaran Kemenkumham untuk mewujudkan slogan Peringatan Hari Ibu ke-88 tahun ini: Perempuan dan anak bebas kekerasan, masyarakat bermartabat; Perempuan dan laki-laki setara, Indonesia berdaya saing; Perempuan dan anak maju, Indonesia kuat; Keluarga harmonis, masyarakat sejahtera; Keluarga sehat, ekonomi kuat.

Semua rangkaian Upacara Peringatan Hari Ibu ke-88 tahun 2016 di Kanwil Kemenkumham Jateng ini berlangsung dengan tertib, lancar dan khidmat. (Humas Kanwil Jateng)