Koordinasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dengan instansi terkait dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017

Koordinasi Kanwil Jateng 1

Untuk mewujudkan Nawacita dan mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas, dan jumlah yang proporsional pada instansi Pemerintah Pusat dan Daerah maka dilakukan penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil secara nasional. Dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi saat ini, Pegawai Negeri Sipil dituntut untuk dapat merubah mind setting (pola pikir) dan pola kerja dalam rangka menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik. Reformasi Birokrasi akan sangat bergantung pada kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi pelaku dalam instrument Birokrasi.

Kementerian Hukum dan HAM mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang hukum dan hak asasi manusia harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bekerja secara professional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

SDM yang berkualitas sangat ditentukan sejak dini ketika Seleksi CPNS dilakukan. Seleksi CPNS pada Kementerian Hukum dan HAM RI merupakan upaya pemenuhan akan kebutuhan SDM serta seleksi dilakukan dengan tahapan-tahapan yang selektif sehingga diharapkan memperoleh bibit-bibit unggulan CPNS yang bebas KKN. Pelaksanaan tahapan seleksi CPNS dilaksanakan dalam rentang waktu 11 Juli 2017 sampai dengan 13 Desember 2017 (konsinyering terakhir), pelaksanaan tahapan tersebut didahului dengan tahapan perencanaan, pengajuan formasi, persetujuan formasi dan diakhiri dengan tahapan monitoring, evaluasi, dan penyusunan laporan.

Saat ini Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sedang melaksanakan tahapan Seleksi Administrasi (Berkas melalui PO BOX 888/ SM 50000) untuk kualifikasi pendidikan SLTA/ sederajat, dengan formasi yang dibutuhkan secara keseluruhan 872 orang dengan rincian :

  • 726 orang untuk kualifikasi pendidikan SLTA/ sederajat
  • 146 orang untuk kualifikasi pendidikan S1

Seleksi untuk kualifikasi pendidikan S1 dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM RI Pusat (Jakarta) dengan latar belakang pendidikan Hukum, Ekonomi Akuntansi, Sosial, Informatika dan Sastra Bahasa Asing. Sejumlah 726 orang untuk kualifikasi pendidikan SLTA/ sederajat dimaksud diperuntukkan sebagai Penjaga Tahanan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. 

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Seleksi CPNS 2017 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Ibnu Chuldun) beserta Panitia Seleksi Daerah berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu :

  1. Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta (sebagai Panselnas penyelenggara Seleksi CPNS 2017)
  2. Kantor Pos Besar Regional Jateng/ DIY di Semarang (untuk pengiriman berkas pelamar)
  3. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang (persiapan tes kemampuan dasar dengan menggunakan CAT)
  4. Universitas Diponegoro Semarang (persiapan tes kemampuan dasar dengan menggunakan CAT

 

Koordinasi Kanwil Jateng 2

Koordinasi Kanwil Jateng 3

Koordinasi Kanwil Jateng 4

Koordinasi Kanwil Jateng 8

Koordinasi Kanwil Jateng 6

Koordinasi Kanwil Jateng 7

 

 

 

 


Cetak   E-mail