Kunjungi Lapas Perempuan Semarang, Ibu Elisye Yasonna Puji Hasil Kerajinan WBP

Buyasonnakelpp 1

SEMARANG – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Semarang, hari Jumat (04/01) menerima kunjungan tamu istimewa, Ibu Elisye Widya Ketaren atau Ibu Elisye Yasonna H. Laoly. Kunjungan Ibu Elisye untuk melihat hasil kreasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LPP dalam wadah bimbingan Kegiatan Kerja (Gianja). Didampingi oleh Ibu Kartika Benny dan Ibu Dewi Susilo Pramono, kunjungan Ibu Elisye disambut hangat oleh Kepala LPP Semarang, Ibu Asriati beserta jajaran. Tampak hadir menyambut kedatangan Ibu Elisye, Jajaran Pimti Pratama dan Pejabat Administrator Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Buyasonnakelpp 5

Buyasonnakelpp 6

Kunjungan Ibu Elisye Yasonna ini juga disambut antusias oleh para WBP yang sudah sejak siang menunggu dan berkumpul di ruang bengkel kerja. Tampak para WBP memperlihatkan hasil kreasinya dan berbincang akrab dengan Ibu Elisye.

Beberapa hasil kerajinan yang diperlihatkan antara lain batik tulis maupun cetak, baju payet, tas dari cacahan plastik bekas, tempat obat dan masih banyak lagi kerajinan lainnya. Ibu Elisye juga tidak kalah antusias mendengarkan penjelasan dari Kepala LPP Semarang, Asriati yang didampingi Gayatri, Kasi Kegiatan Kerja. Beberapa hasil kreasi atau kerajinan para WBP mendapatkan sanjungan dari Ibu Elisye.

Buyasonnakelpp 4

Buyasonnakelpp 7

Buyasonnakelpp 3

“ Disini banyak sekali  kerajinan yang dihasilkan oleh Ibu-Ibu dan bagus-bagus,”puji Ibu Menteri. Beliau juga menanyakan hasil yang didapat dari penjualan hasil kerajinan para WBP kepada Kalapas. Ditanya demikian, Ibu Asriati menjawab bahwa ada pembagian hasil penjualan kerajinan para WBP dengan prosentase tertentu, sebagian untuk WBP dan sebagian masuk kas negara sebagai PNBP.

“ Misal kerajinan tersebut laku dengan harga Rp 100.000,- maka 25 ribu untuk WBP dan 75 ribu masuk kas negara, “ tutur Ibu Asriati menganalogikan. Ibu Elisye dan rombongan tampak puas dengan hasil kerajinan para WBP di LPP Semarang. Beliau berharap agar hasil kreasi para WBP dapat dikembangkan lagi di kemudian hari.

Usai melihat kreasi WBP, Ibu Elisye dan rombongan menyempatkan berkunjung ke dapur. Disana beliau melihat hasil olahan bahan makanan yang telah dimasak dengan menu mengikuti jadwal menu tahun 2019. Beliau tampak puas dengan sajian menu makan pagi, siang dan sore yang sudah sesuai dengan jadwal menu yang telah ditetapkan. “Sajian menu makanan disini sudah lengkap, saya melihat juga sudah sesuai standar,” katanya.

Buyasonnakelpp 8

Buyasonnakelpp 9

Buyasonnakelpp 11

Sebelum mengakhiri kunjungan di LPP Semarang, Ibu Elisye dan rombongan melihat dari dekat musik karawitan yang ditampilkan para WBP. Meskipun bukan berasal dari Jawa, nampak beliau sangat menikmati alunan musik. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh para WBP untuk berfoto bersama dengan Ibu Elisye.

Buyasonnakelpp 10

Buyasonnakelpp 2

Sementara itu terpisah, Ibu Asriati menyatakan kunjungan Ibu Menteri ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka dan berharap dapat memberikan manfaat dan semangat para WBP terutama dalam meningkatkan kreasi atau hasil kerajinan. (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)


Cetak   E-mail