Pemimpin Masa Depan Harus Adaptif dan Agile

0FE30D2F FC11 4E3E 9F1A 592E638EF354

MAGELANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto berharap para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) mampu bertransformasi menjadi pemimpin yang adaptif dan agile.

"Segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Lakukan penyesuaian, penyelarasan dengan jajaran," kata Tejo, memberikan sambutan pada acara Serah Terima Jabatan Kepala UPT Eks Karesidenan Kedu, yang berlangsung di Aula Lapas Kelas IIA Magelang, Selasa (24/08).

"Identifikasi potensi, kekuatan dan keunggulan yang ada di UPT. Maksimal potensi yang ada".

"Petakan kendala dan permasalahan yang ada, yang akan terjadi. Lakukan mitigasi risikonya. Susun rencana penyelesaian," imbuhnya.

Seorang leader, ungkap Kakanwil, harus mampu bergerak cepat, tepat dan cerdas.

"Biasakan berpikir cepat, mengambil keputusan cepat, dan bertindak cepat. Tapi harus cerdas dan tepat," kata Tejo

"Lakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tentukan skala prioritas, susun strategi dan eksekusi," tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya komitmen bersama dan kerja kolaboratif.

"Saya senang kalo mendengar kekompakan dan soliditas. Misalnya antar UPT di Eks Karesidenan Kedu ini. Atau antara Lapas dengan Kantor Imigrasi," jelas Tejo.

Terakhir, Kakanwil bicara tentang loyalitas. Menurutnya, salah satu fungsi ASN adalah pelaksana kebijakan publik.

"Apa yang menjadi kebijakan pemerintah, apa yang menjadi tugas dan fungsi harus mampu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tegas Tejo.

"Semua tugas baru bisa diselesaikan, karena mandatori kegiatan daerah, kegiatan wilayah adalah cermin mandatori dari pemerintahan yang ada di pusat, yakni Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia," pungkasnya mengakhiri sambutan.

Dalam kegiatan itu sendiri, ada 5 Kepala UPT yang melakukan Serah Terima Jabatan, masing-masing Kepala LPKA Kutoarjo, dari Teguh Suroso kepada Arif Rahman, Kepala Kanim Wonosobo, dari Ari Wibowo kepada KA. Halim, Kepala Rutan Kebumen dari Halasson Sinaga kepada Tri Mulyono.

Termasuk Serah Terima Jabatan Kepala Rutan Purworejo, dari Mochamad Mukafi kepada Eko Ari Wibowo dan Kepala Rutan Temanggung, dari Syaikoni kepada Andri Lesmano.

Kegiatan disaksikan oleh Staf Khusus Menteri Bidang Keamanan dan Intelijen, Krismono, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan.

Tampak juga Kepala Lapas Semarang, Usman, Kepala UPT UPT se Eks Karesidenan dan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman.


Cetak   E-mail