Kakanwil Kemenkumham Jateng Tinjau Kondisi Terkini Lapas Pekalongan

8632FB26 BDA5 4EFC B451 D3A6972738D7

PEKALONGAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto tampak concern terhadap kondisi Lapas Kelas IIA Pekalongan.

Pasalnya lapas yang telah berdiri sejak tahun 1923 itu memiliki masalah rutin yang harus dihadapi tiap musimnya, yakni banjir rob.

Dalam lawatannya ke Lapas yang dikepalai oleh Asih Widodo, Kakanwil melihat langsung kondisi lapas yang merupakan bagian dari cagar budaya itu, Senin (30/10).

"Bagaimana mitigasi risiko banjir rob di sini? Air yang masuk dibuang kemana?" ujar Tejo mempertanyakan langkah proaktif untuk mengatasi masalah banjir rob yang sering melanda fasilitas tersebut.

Kalapas pun menjelaskan bahwa jajarannya telah meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Salah satunya yaitu dengan adanya mesin pompa air yang ditempatkan di area strategis Lapas Pekalongan guna membantu mengurangi dampak negatif dari bencana alam yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

"Proses perawatan rutin mesin pompa air juga dilakukan secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan siap digunakan saat diperlukan," terang Widodo.

Lebih lanjut, Kakanwil meminta untuk menindaklanjuti rencana relokasi lapas pada tanah yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

Di akhir kunjungannya, Kakanwil melihat-lihat bengkel kerja warga binaan yang menghasilkan produk unggulan berupa kain batik. Ia mengharapkan hasil pembinaan tersebut dapat di pasarkan lebih masif lagi.


Cetak   E-mail