Pentingnya Ilmu Dalam Agama Islam

IMG 20240325 WA0016

SEMARANG - Islam dan ilmu adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Orang yang menjalankan agama Islam sudah sewajibnya pula mempelajari ilmu tentang Islam itu sendiri.

Sangat erat berkaitan, bahkan ayat yang pertama turun adalah "Iqra" yang artinya bacalah. Ini membuktikan ilmu sangat dekat dengan Islam.

Sebagaimana yang disampaikan Ustadz Iqbal Baswedan pada kultum ba'da dzuhur siang ini, Senin (25/03), di masjid Al-Hikmah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah apabila seorang muslim menjalankan Islam tanpa ilmu, maka bisa dipastikan jalannya akan serampangan.

Allah SWT memerintahkan dalam mengamalkan sesuatu hal, seseorang harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu.

"Janganlah mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya, sesungguhnya penglihatan, pendengaran dan hati akan dimintai pertanggungjawabaannya". (QS Al-Isra : 36)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda “Barangsiapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barangsiapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga.” (HR Bukhari dan Muslim)

Agama Islam telah tertulis jelas di Al-Qur'an dan Hadits, semuanya telah dijabarkan dengan rinci. Oleh karena itu berbicara terkait agama tanpa didasari ilmu adalah tindakan yang berbahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain.


Cetak   E-mail