Kemenkumham Jateng Tutup Rangkaian Safari Ramadhan 1445 H di Karesidenan Pati

5068bd90 71c6 4f0a 8a93 15daa0feb0ac

PATI - Menutup rangkaian safari Ramadhan 1445 H Tahun 2024, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar kegiatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Eks Karesidenan Pati. Kegiatan safari ramadhan kali ini dipusatkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati, Selasa (2/4).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto didampingi Kadiv Administrasi, Hajrianor, menyampaikan tujuan dan makna penting diadakannya Safari Ramadhan.

“Hari ini kita melaksanakan penutup dari program Safari Ramadhan. Kegiatan ini merupakan program wajib karena memiliki beberapa manfaat,” ujar Tejo.

“Melalui safari ramadhan ini dimaksudkan untuk memonitoring sejauh mana kepatuhan UPT terhadap pemberian kebebasan melaksanakan ibadah bagi WBP dan juga kami harap seluruh UPT dapat memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi WBP untuk beribadah,” sambungnya.

Sebelumnya, hadir untuk memberikan tausiyah ialah Lektor Ketua Prodi Studi Islam IAIN Kudus, Dr. Mas’udi terkait kandungan yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 183-186 yang memiliki relevansi yang besar bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa.

“Terima kasih kepada pihak Lapas yang sudah mengundang kami dalam acara Safari Ramadhan, semoga kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah Subhanahuwata’ala karena pada kegiatan ini juga diadakan pemberian santunan untuk anak yatim,” ujar Mas’udi.

“Mengutip dari ayat Al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara kita yaitu surat Al-Baqoroh ayat 183 sampai 186, bahwa Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu mendapati bulan itu, maka berpuasalah,” sambungnya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan safari ramadhan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh anak Panti Asuhan dan dilanjutkan pemberian santunan bagi anak yatim piatu serta diakhiri dengan sholat Isya dan tarawih berjamaah di Masjid At Taubah Lapas Pati.

Hadir pada kegiatan safari ramadhan penutup, Kepala UPT Se Eks Karesidenan Pati, Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto, Kepala Bagian Umum, Anton Tri Oktabiono, dan Kepala Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan TI, Hazmi Saefi.
@kemenkumhamri
#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail