Tingkatkan Paru-Paru Kota, Petugas Rutan Rembang Tanam Puluhan Pohon  

IMG 20190324 WA0000
Rembang – Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rembang bekerja sama dengan Dinas Pertanian  Kabupaten Rembang melakukan penghijauan dan penanaman pohon di lingkungan Rutan dan area sekitarnya, Jumat (22/3).
 
Masih dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-55 yang jatuh pada 27 April mendatang, Jajaran pemasyarakatan se-Indonesia  semakin tak terbendung semangatnya untuk melakukan pengabdian yang lebih dan lebih lagi kepada negara dan masyarakat dengan mengedepankan nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, Inovativ).  Program Penghijauan dan Penanaman Pohon tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan Rutan yang sejuk dan hijau agar kegiatan pembinaan dapat berjalan dengan nyaman. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bentuk kepedulian petugas akan kelestarian lingkungan. Mengingat keadaan paru-paru kota yang semakin minim saat ini, maka penghijauan dan penanaman pohon di kawasan kota merupakan upaya yang tepat untuk meminimalisir dampak pemanasan global.
 
Kegiatan penghijauan dan penanaman pohon lingkungan di Jajaran Pemasyarakatan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia. Rutan Rembang, sebagai Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT PAS) di Kabupaten Rembang sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupatan Rembang agar program dapat terlaksana dengan baik. Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Rembang sangat mendukung dengan kegiatan yang diprogramkan oleh pihak Rutan Rembang. Hal tersebut diwujudkan dengan pemberian sejumlah bibit pohon untuk ditanam.
 
IMG 20190324 WA0001
 
Penanaman pohon dimulai dari lingkungan Rutan yaitu di halaman tengah dengan menanam beberapa jenis pohon antara lain adalah pohon kedondong, pohon kawis, pohon jeruk, pohon sawo, pohon jambu dan beberapa tanaman bonsei. Penanaman pohon diawali oleh Karutan, dilanjutkan oleh Pejabat Struktural serta diikuti segenap Petugas Rutan Rembang. Tak hanya di lingkungan Rutan, penanaman juga dilakukan di area sekitar Rutan yaitu di halaman depan dan belakang rumah dinas Karutan yang terletak di sebelah timur tak jauh dari Kantor Rutan, serta dilanjutkan di area rumah dinas Petugas yang terletak di jalan Rembang-Blora tepatnya di Desa Kabongan Kidul Rembang. Penanaman dilakukan di halaman rumah dan di sepanjang jalan depan rumah dinas petugas.
 
Kepala Rutan Rembang, Ruspriyatno menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkain dari acara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan di tahun 2019 yang mengangkat tema Pemasyarakatan Pasti . “kami seluruh petugas mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program kami, ini merupakan rangkain kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55, dengan tema Pemasyarakatan Pasti”, jelasnya.
 
Kagiatan penghijauan dan menanam pohon, tak lapas dari keinginan dan tekad dari seluruh Jajaran Pemasyarakatan untuk meningkatkan kapasitas diri melalui aksi-aksi yang nyata dan bermanfaat. “Sesuai dengan tema yang diangkat, kami berusaha untuk mengamalkan nilai PASTI dalam melakukan pengabdian kepada Negara dan masyarakat  dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat”, sambungnya.
 
Dengan niat yang ikhlas didasari dengan rasa peduli terhadap lingkungan, diharapkan pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan subur, dan membrikan manfaat bagi orang-rang di sekitarnya. Setelah semua bibit habis tertanam, kegiatan diakhiri dengan evaluasi kegiatan oleh Karutan dan ditutup dengan makan bersama atas perayaan ulang tahun Karutan dan beberapa pegawai yang merayakan ulang tahun di bulan ini.
 
Humas Rutan Rembang

Cetak   E-mail