DUA WBP LAPAS SEMARANG IKUTI UNBK PAKET C SETARA SMA

c2

Semarang_INFO PAS - Dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mengikuti kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk kejar paket C (SMA) yang dilaksanakan di Islamic Center Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/04).

Keikutsertaan WBP dalam UNBK itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No.32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP. Kedua WBP yakni, Daniel Aviv terpidana 5 tahun penjara dalam perkara Narkotika dan Sigit Prasetyo terpidana 18 tahun penjara dalam perkara 340 KUHP.

Sementara ujian sendiri dilaksanakan selama 4 hari terhitung, 13, 14, 15 dan 16 April 2019 mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB.Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi menyebutkan, sebelum melangsungkan ujian mereka sudah mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan setiap hari di Lapas.

“Bagaimanapun mereka WBP, kita berikan hak untuk mendapatkan pendidikan di Lapas agar tercetak WBP yang cerdas dan siap untuk bergabung kembali ke masyarakat," ungkap Kalapas.

c1

Ia mengatakan, selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM) diajar tutor dari PKBM dan WBP yang terjerat perkara tipikor dengan lulusan S2 (master) dan S3 doktor di Lapas Semarang.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan PKBM Bangkit Ngaliyan didukung oleh Dinas Pendidikan. Bagaimanapun mereka (WBP) yang di sini juga berhak mendapatkan pendidikan,” ujarnya.

Pada pelaksanaan UNBK hingga pulang kembali ke Lapas, kedua WBP mendapat pengawalan baik dari petugas Lapas maupun petugas Kepolisian.

Kontributor : Fajar Sodiq

c2

Cetak