Biro Kepegawaian Sosialisasikan Pembinaan Administrasi Pengelolaan Kepegawaian di Kanwil Jawa Tengah

sosialisasi-simpeg-01

SEMARANG – Tim dari Biro Kepegawaian Kemenkumham pagi ini (23/10) mensosialisasikan Administrasi Pengelolaan Kepegawaian di Jajaran Kanwil Jawa Tengah, diikuti sekitar 50 peserta dari staf Kepegawaian UPT se-Jawa Tengah. Sosialisasi tersebut adalah Perka BKN No.1 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan PP No.46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai. Perka BKN ini mengatur tentang penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil yang didasarkan atas prinsip objektif, terukur, akuntabel dan transparan untuk menunjang penilaian prestasi kerja pegawai, dan Perka ini akan diberlakukan efektif mulai 1 Januari 2014. Di samping prestasi kinerja pegawai, sebagai bahan penilaian terhadap hasil kerja pegawai adalah Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG). SIMPEG merupakan informasi data kepegawaian bagi setiap pegawai negeri sipil, yang berisikan indentitas, kepangkatan dan jabatannya. Pada aplikasi SIMPEG ini apabila data sudah terisi semua secara benar, maka akan mempermudah dalam proses administrasi bagi pegawai yang akan promosi, maupun naik pangkat karena data sudah dengan mudah dapat diakses tanpa harus mencari di file kearsipan.

Menurut Kabag Umum Biro Kepegawaian, Tarwo, penilaian prestasi kerja PNS untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja dengan aspek penilaiannya meliputi: orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama, dan kepemimpinan. Penilaian dilakukan melalui pengamatan oleh pejabat penilai, penilaian dpt mempertimbangkan masukan dari pejabat penilai lain yang setingkat di lingkungan unit kerja masing-masing.

Kakanwil Jateng, Rinto Hakim yang membuka acara ini menyambut baik dengan adanya Perka BKN ini dan mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang kepegawaian untuk petugas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Menurutnya, penilaian prestasi kerja tidak hanya menilai hasil kerja pegawai saja, tetapi juga menilai tingkat efisiensi waktu, anggaran yang digunakan dan capaian kinerja yang dikerjakan oleh setiap pegawai. Disamping itu tentu juga memuat tentang perilaku pegawai dimana hal tersebut merupakan suatu kontrak kerja bagi pegawai terhadap satuan kerjanya yang telah disepakai bersama dengan atasannya.

Sosialisasi tentang Pembinaan Administrasi Pengelolaan Kepegawaian ini dijadwalkan akan berlangsung dua hari sampai dengan besok (24/10). Tim narasumber dari Biro Kepegawaian yaitu Tarwo (Kabag Umum), Giarto Koestiono (Kabag TUK), Cakra Kirana (Kasubag TU), dan Muslim Alibar (Kasubag Administrasi Disiplin Pegawai).

sosialisasi-simpeg-02 

sosialisasi-simpeg-03

 

 

 

sosialisasi-simpeg-04

 

sosialisasi-simpeg-05

 

sosialisasi-simpeg-06

 

sosialisasi-simpeg-07

(Humas Kanwil Jateng) 


Cetak   E-mail