DIKLAT MANAJEMEN PERUBAHAN JAJARAN KANWIL JAWA TENGAH

diklat-mp-01

SEMARANG – Sebanyak 70 peserta dari satker dari seluruh jajaran Kanwil Jawa Tengah mengikuti Diklat Manajemen Perubahan yang diselenggarakan dari hari Rabu (24/04) sampai dengan Jum’at (26/04) di Hotel Green Valley Bandungan dengan dibuka oleh Kakanwil Jateng, Amalia Abidin. Maksud diadakan diklat manajemen perubahan ini bertujuan antara lain mengatasi pola pikir dan paradigma yang sulit menerima perubahan yang selama ini menjadi akar masalah dalam organisasi, Mengidentifikasi mental blok yang menghilangkan inovasi, inisiatif, motivasi, pemikiran jernih dan kerjasama organisasi, serta menanamkan cara berpikir sistematik dalam memahami dan menyelesaikan persoalan dalam organisasi.

diklat-mp-02

diklat-mp-03

 

Menurut Kakanwil, Manajemen Perubahan atau change management merupakan pengelolaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan kinerja yang lebih baik. Perubahan merupakan pergeseran organisasi dari keadaan sekarang menuju keadaan yang diinginkan. Dalam organisasi, perubahan tersebut meliputi struktur, proses, orang, pola pikir dan budaya kerja. Perubahan sebagaimana yang diinginkan reformasi birokrasi bukanlah proses sederhana. Mengingat   besarnya   cakupan   kegiatan   dan   hasil  perubahan   yang diinginkan oleh reformasi birokrasi, maka mengelola perubahan untuk mencapai tujuan dan sasaran reformasi birokrasi menjadi sangat penting.

Berbagai materi tentang manajemen perubahan diberikan antara lain Filosofi Perubahan & Harapan (Pendekatan Psikologi), Kepemimpinan Visioner (transformasi) dalam rangka manajemen perubahan, Agent Of Change,Filosofi Pembelajaran Dari Proses Perubahan (Pesta Perubahan), Aksi Menyelesaikan Perubahan (Empowermen), Bedah Jiwa Manajemen. Selain materi di kelas (indoor), peserta juga diberikan materi outdoor antara lain Senam Pagi dan Fun Game, antara lain Magic Hole, Pesan Berantai, Water Fall, Pingping Chater, dan Great Wall. Sebagai narasumber, yaitu Prof. Ir. H. Eko Budihardjo, MSc (Guru Besar Arsitektur dan Perkotaan UNDIP),     Ouys Alkharani, MM.,M.Psi (Konsultan Manajemen dan SDM Lembaga Psikologi Terapan Semarang), dan Yos Johan Utama (Guru Besar Fakultas Hukum UNDIP).

Diklat yang berlangsung selama 3 hari tersebut ditutup oleh Kadiv Administrasi, Pramono pada Jum’at (26/04).

diklat-mp-04 

diklat-mp-05

diklat-mp-06

diklat-mp-07

diklat-mp-09

 

Humas Kanwil Jateng

Cetak