Identifikasi Profil Kompetensi Aparatur Kementerian Hukum dan HAM RI dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT)

IMG 9154

Semarang – Sistem CAT (Computer Assisted Test) selama ini kita kenal digunakan dalam rangka seleksi/rekrutmen CPNS, dalam perkembangannya sistem CAT dipergunakan untuk tes jabatan fungsional dan jabatan struktural di beberapa Kementerian/Lembaga/Instansi serta Pemerintah Daerah. Jika beberapa waktu yang lalu untuk menduduki suatu jabatan cukup berdasarkan urutan kepangkatan, namun saat ini proses seleksi dilaksanakan dalam rangka mencari individu yang memenuhi kompetensi tertentu untuk menduduki suatu jabatan. Terlebih lagi tuntutan dari masyarakat yang dinamis dan selalu berkembang, pejabat harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan agar bisa melayani lebih baik lagi.

Dalam rangka pemetaan kompentensi, Aparatur Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dan Universitas Dian Nuswantoro Semarang, menyelenggarakan Identifikasi Profil Kompetensi Aparatur Kementerian Hukum dan HAM dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) bagi pejabat struktural dan fungsional dan seluruh satuan kerja yang ada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sejumlah 200 orang pada hari Kamis (29 Januari 2015) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yang dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Teknis BPSDM Kementerian Hukum dan HAM Pramono dan dihadiri juga oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAMJawa Tengah Asminan Mirza Zulkarnaen, Kepala Divisi Administrasi Ahmad Rifai, Kepala Pelayanan Hukum dan HAM Andrie Amoes, Kepala Divisi ImigrasiLilik Bambang Lestari dan Kepala Divisi PemasyarakatanA.Yuspahruddin BH.

            “Uji kompetensi ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta sebagai salah satu bahan pertimbangan pimpinan/organisasi dalam pengusulan pengembangan karier yang bersangkutan baik untuk pendidikan dan pelatihan maupun sebagai bahan untuk promosi mutasi jabatan. Computer Assisted Test (CAT) merupakan sebuah metode penilaian dimana kandidat atau pelaku tes menjawab pertanyaan atau menyelesaikan latihan yang merupakan bagian dari sebuah program komputer. Pada situasi umum, tes komputer juga menyertakan penilaian otomatis (automatic scoring). Nilai otomatis akan muncul ketika terdapat beberapa jawaban yang benar seperti pada model ujian multiple choice”,tutur Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Asminan Mirza Zulkarnaen.

            Dengan diadakan CAT (Computer Assisted Test) di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pejabat struktural maupun fungsional untuk pengembangan karir masing-masing maupun bagi organisasi.

(Humas Kanwil Jateng – Januari 2015)

IMG 9190

IMG 9145

 

IMG 9200

 


Cetak   E-mail