IOM dan Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Optimalisasi Penanganan dan Pengendalian Imigran Ilegal

 IOM-01

SEMARANG – Organisasi Internasional untuk Imigrasi atau International Organisation for Migration (IOM) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar Rapat Optimalisasi Penanganan dan Pengendalian Imigran Ilegal pada Rabu (17/9) di Hotel Novotel Semarang. Rapat ini diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari pejabat imigrasi di jajaran Kantor Wilayah Jawa Tengah dan dari instansi lain terkait diantaranya Badan Intelegen Nasional (BIN) Jateng, unsur TNI/ Polri, Kesbangpolinmas, Dinas Kesehatan, Maskapai Penerbangan Bandara Ahmad Yani Semarang, Bea Cukai dan Pelabuhan Laut Semarang. Dalam pelaksanaan rapat ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penanganan dan pengendalian imigran ilegal khususnya di wilayah Jawa Tengah. Diselenggarakannya rapat penanganan imigran ilegal menurut Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Lilik Bambang Lestari adalah untuk dapat menyamakan persepsi diantara institusi terkait dalam menangani imigran ilegal sehingga diharapkan koordinasi antar instansi dapat berjalan dengan baik. Dengan kedatangan para imigran ilegal di Indonesia tentunya mulai menimbulkan ketidaknyamanan serta berpeluang memicu gangguan sosial, keamanan, politik bahkan ketertiban di masyarakat. Disamping itu pertemuan antar institusi ini diperlukan untuk koordinasi dan bertukar pemikiran yang berkaitan dengan penanganan imigran.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Mirza Zulkarnain yang dalam kesempatan ini juga membuka acara, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir, dan kepada IOM Jakarta yang telah memfasilitasi kegiatan rapat. Menurutnya, masuknya imigran ilegal ke Indonesia khususnya Jawa Tengah yang jumlahnya relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan yang dihadapi oleh Pemerintah yang tersebar di seluruh Indonesia, namun demikian dari waktu ke waktu cenderung meningkat. Sehingga sebagai bentuk pengawasan, dituntut peran aktif semua sektor dalam pengawasan terhadap para imigran ilegal tersebut, termasuk dalam hal ini peran dari pihak IOM yang selama ini sangat berperan dalam memfasilitasi kebutuhan dan penanganannya.

Pada kegiatan ini dihadirkan beberapa narasumber, diantaranya Brigjen Irwansyah (Kepala BIN Jawa Tengah), AKBP Amat Sukandar (Direktur Intelkam Polda Jateng), dan Nabil Hayasi (IOM).

IOM-02 

IOM-03

IOM-04

IOM-05

IOM-06

IOM-07 

Humas Kanwil Jateng

Cetak