Kakanwil Jateng Kunjungi Peringatan Isra Mi’raj di Lapas Narkotika Nusakambangan

nk-01

Cilacap (11/6) – Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rinto Hakim melakukan kunjungan kerja ke Lapas Klas IIA Narkotika Nusakambangan pada hari Rabu (11/6), dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW bersama warga binaan yang beragama Islam. Peringatan ini sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang akan jatuh pada bulan Juni ini. Dalam acara ini turut mendampingi Kalapas Narkotika, Fran Elias Nico beserta seluruh Kalapas se-Nusakambangan.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan peringatan Isra Mi’raj ini merupakan wujud pembinaan rohani warga binaan. Melalui pembinaan rohani diharapkan mampu mendekatkan warga binaan kepada sang pencipta yang selanjutnya dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kakanwil juga mengucapkan terima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cilacap atas kerjasama yang telah terjalin dengan jajaran pemasyarakatan di Nusakambangan yang telah banyak memberikan andil dalam hal pembinaan rohani warga binaan. Pada kesempatan ini Kakanwil juga menyampaikan berbagai kemajuan dalam hal pelayanan pemasyarakatan kepada masyarakat dan warga binaan, antara lain pelayanan Pembebasan Bersyarat (PB) Online, yang mana sekarang pelayanan ini sudah tidak diurus manual, melainkan sudah memanfaatkan teknologi informasi sehingga lebih cepat dan efisien. Untuk kewenangan penerbitan Surat Keputusan (SK) Pembebasan Bersyarat, Kakanwil menjelaskan bahwa Kanwil telah diberi kewenangan untuk mengeluarkan SK untuk narapidana yang akan diberi SK Pembebasan Bersyarat, sehingga tidak perlu lagi menunggu SK dari Ditjen Pemasyarakatan. Selain PB, layanan pemasyarakatan lainnya juga sudah mengalami kemajuan antara lain Sistem Database Pemasyaratan (SDP), CMB dan Pelayanan Pengaduan. Hal ini merupakan bentuk kemajuan untuk mewujudkan birokrasi bersih dan melayani serta Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Sebelum menghadiri peringatan Isra Mi’raj di Lapas Narkotika, Kakanwil mengunjungi Lapas Klas IIA Permisan Nusakambangan. Didampingi Kalapas Permisan Sri Pamudji dan Kalapas Batu Liberti Sitinjak, Kakanwil meninjau proyek pembangunan sarana/ prasarana Lapas yaitu bengkel kerja narapidana, menara atas dan gereja. Sebelumnya Kakanwil juga memimpin apel pagi pegawai Lapas Permisan.

Dari Nusakambangan, Kakanwil melanjutkan kunjungan dinas di Kanim Klas II Cilacap untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai. Bertempat di aula Kanim, Kakanwil didampingi Kadiv Keimigrasian Lilik Bambang Lestari dan Kakanim Cilacap Wahyu Eka Putra beraudiensi dengan seluruh pegawai. Selain menekankan Program Aksi B06, Kakanwil dalam pengarahannya juga membahas tentang penyerapan anggaran sampai dengan triwulan dua diharapkan sesuai target capaian. Dalam arahannya, Kakanwil menjelaskan bahwa Kementerian Hukum dan HAM telah banyak kemajuan-kemajuan yang telah dilakukan khususnya untuk pelayanan kepada masyarakat, tak terkecuali pelayanan keimigrasian. Pelayanan One Stop Service (OSS) di bidang imigrasi merupakan terobosan mewujudkan reformasi birokrasi yang melayani, berorientasi out come, jemput bola, kompeten, sederhana, dan clear and clean.

nk-02

 

nk-03

 

nk-04

 

nk-05

 

 

nk-06

 

nk-07

 

 

 

nk-08

 

nk-09

nk-10

 

Humas Kanwil Jateng

Cetak