Kakanwil Kemenkumham Jateng Hadiri Upacara Hari Pahlawan dan Tabur Bunga Tingkat Provinsi

pahlawan-01

SEMARANG (10/11) – Bersama sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Jawa Tengah, Kakanwil Kemenkumham Jateng, Asminan Mirza Zulkarnain hari ini (10/11) menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah. Upacara berlangsung pukul 08.00 dan diikuti oleh beberapa unsur pasukan baik dari militer TNI, Polri maupun sipil PNS, pelajar dan pramuka. Selain itu dihadiri juga oleh anggota DPRD Jawa Tengah dan para veteran maupun isteri mantan veteran. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema besar “Pahlawanku Idolaku”. Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepah-lawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri. Pada upacara peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi ini bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk menjadikan pahlawan sebagai idola dan inspirasi bagi generasipenerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Inspektur Upacara mengingatkan bahwa sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Setelah upacara di Kantor Gubernur selesai, dilanjutkan dengan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal yang dipimpin oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen Bayu Purwiyono. Pada acara ini Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah beserta seluruh pejabat yang mengikuti upacara dan Gubernur Jawa Tengah melakukan tabur bunga di pusara para pahlawan. (Humas Kanwil Jateng)

pahlawan-02

pahlawan-03

pahlawan-04

pahlawan-05

pahlawan-06

pahlawan-07

pahlawan-08

Cetak