IN HOUSE TRAINING PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA JAJARAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH

Inhouse 1

(Semarang, 01/05)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah membuka kegiatan In House Training Pengembangan Kepribadian Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan tema “PRIBADI PRIMA PELAYANAN PRIMA” sekaligus memberikan materi terkait Keprotokolan Kementerian Hukum dan HAM. Kegiatan dilaksanakan oleh Divisi Keimigrasian di Grandhika Hotel, Semarang  dengan peserta sejumlah 60 orang dari UPT Keimigrasian se-Jateng dan perwakilan dari UPT Pemasyarakatan se-Kota Semarang dan Kantor Wilayah, sebagai Narasumber dari Unit Eselon I,  Sektetariat Direktorat Jenderal Imigrasi, yang diwakili oleh Kasubag Mutasi dan Public Speaker dari YPI Training Centre & Consultancy. Pelayanan Publik oleh Aparatur Negara dewasa ini menjadi issue strategis karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada akhirnya akan menentukan citra dari Aparatur Negara. Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh masyarakat. Upaya untuk meningkatkan kualitas untuk menjamin penyediaan pelayanan publik harus sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 

Inhouse 2

Penyelenggaraan pelayanan publik saat ini dirasa belum dapat maksimal seperti yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini terlihat adanya pengaduan masyarakat yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung kepada pimpinan unit pelayanan maupun melalui surat pembaca pada berbagai media cetak maupun elektronik juga melalui media pengaduan yang tersedia.  Menyikapi hal tersebut beberapa inovasi pelayanan dilakukan diantaranya  dengan menciptakan birokrasi pelayanan yang tidak berbelit-belit melalui inovasi berbasis digital atau sistem online pada berbagai bidang pelayanan, peningkatan fasilitas, dan peningkatan kualitas perilaku dan keprofessionalan Aparatur Sipil Negara salah satunya adalah melalui kegiatan In House Training. 

Inhouse 4

Kegiatan ini memberikan pelatihan kepada ASN untuk meningkatkan ketrampilan bagaimana menyampaikan informasi kepada publik, berpikir kritis, peningkatan kualitas diri, dan kemampuan dalam memberikan pelayanan serta pengendalian diri dalam mengatasi rasa takut di depan umum. Kemampuan ini sangat diperlukan oleh Petugas pada bagian Pelayanan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sehingga dapat menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan akurat. 

Inhouse 3

Inhouse

Pelayanan publik sebagai aspek fundamental dalam penyelenggaran pemerintahan dapat dijadikan tolak ukur keseriusan pemerintah dalam menjalankan tanggung jawabnya, khususnya dalam melayani masyarakat. Semakin baik kualitas pelayanan publik yang disuguhkan, maka semakin tinggi rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. “MARI WUJUDKAN PELAYANAN PASTI BAGI MASYARAKAT MENUJU PELAYANAN PRIMA MELALUI PRIBADI PRIMA” (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

 

 


Cetak   E-mail