UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2018 KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 4

Semarang (01/06) - Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Jum'at, 01 Juni 2018 diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI”, selaku Inspektur Upacara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, diikuti oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala UPT se-Kota Semarang beserta Jajarannya dan seluruh Pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Pertama kalinya Pancasila sebagai Dasar Negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, anggota dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di depan sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Sejak kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila mengalami perkembangannya hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945. 

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 9

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 10

Selama 73 tahun, Pancasila telah menjadi Pemandu bangsa Indonesia, telah bertahan dari berbagai deru ombak ideologi lain yang berusaha  menggesernya. Kuat dan kokohnya Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang telah mempersatukan 714 suku bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah air, INDONESIA, hal demikian mendorong Presiden “Joko Widodo” melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 diputuskan bahwa tanggal 1 Juni menjadi Hari Lahir Pancasila dan wajib diperingati dengan melaksanakan Upacara Peringatan bagi Pelajar dan Pegawai di seluruh Indonesia, dan menjadikannya hari besar Nasional (Libur Nasional).

Mari Perkokoh Persatuan dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika menjadi Bangsa yang Kuat, Bangsa yang Besar dan Bangsa Pemimpin. Dengan semangat dan energi kebersamaan, akan mampu  berprestasi untuk memenangkan kompetisi dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA!

KITA BERSATU!

KITA BERBAGI!

KITA BERPRESTASI!

UNTUK ....... INDONESIA TERCINTA!

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng).

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 3

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 1

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 8

Upacara Hari Lahirnya Pancasila 6


Cetak   E-mail