Kultum Hari ke-22 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Dengan Tema Bagaimana Mengisi 10 Hari Terkahir di Bulan Ramadhan

KULTUM HARI KE 22 1

Semarang (07/06) - Bertempat di Mesjid Al Hikmah, pada hari  Kamis tanggal 07 Juni 2018, diselenggarakan Kultum Hari Ke-22 Bulan Ramadhan oleh Penceramah Miftah Juni, JFU Divisi Keimigrasian, yanh diikuti oleh pegawai Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Ceramah yang disampaikan oleh Miftah Huni bahwa keutamaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yang mulia ini adalah:

1. Lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan ibadah. Dahulu Rasulullah SAW senantiasa meningkatakan amalan ibadahnya di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan.

2. Menghidupkan malam-malamnya dengan memperbanyak ibadah. Di awal-awal Ramadhan Rasulullah SAW biasanya menyertai ibadah shalat dan puasanya dengan tidur, namun jika telah masuk pada 10 hari terakhir maka beliau pun mengurangi kapasitas tidurnya. Dan beliau memanfaatkan malam-malamnya untuk beribadah kepada Allah.

3. Membangunkan anggota keluarga. Dahulu Rasulullah SAW  juga senantiasa membangunkan keluarganya untuk shalat, memperbanyak dzikir dan bersungguh-sungguh dalam mengamalkan malam-malam bulan Ramadhan yang penuh barakah ini.

4. Beri’tikaf. I’tikaf adalah menetap di dalam masjid dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak melakukan ketaatan dan ibadah kepada Allah SWT.

5. Besungguh-sungguh dalam meraih malam Lailatul Qadar. Pada penghujung bulan Ramadhan, tepatnya di 10 (sepuluh) malam yang terakhir terdapat Lailatul Qadar yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan yang mana pahala ibadah seorang hamba akan dilipat gandakan. Bahkan Allah SWT berfirman bahwa Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan.  Maka dari itu, setiap muslim hendaknya bersungguh-sungguh untuk bisa mendapatkan Lailatul Qadar, terutama di 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah)

KULTUM HARI KE 22 5

KULTUM HARI KE 22 3

KULTUM HARI KE 22 2


Cetak   E-mail