Peserta Latsar CPNS Sambangi Kanim Kelas I Surakarta

LATSAR KE KANIM SOLO 3

SURAKARTA - Dalam rangka studi lapangan, sebanyak 40 Peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan 9 pada hari Selasa (10/7) berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta. Para peserta yang didampingi oleh Widyaiswara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Muhammad Rizal, Kepala Balai Diklat Hukum & HAM Jateng, Kaswo dan Kabag Program & Pelaporan, Budhiarso Widhyarsono serta Kasubag Kepegawaian Deni Kristiawan, diterima langsung oleh Kepala Kanim Surakarta, Santosa.

Mengawali kegiatan studi lapangan, para peserta latsar mendapatkan penjelasan  dari Kepala Kanim Surakarta mengenai keterkaitan antara Imigrasi dengan Pemasyarakatan. Beliau mengatakan bahwa keterkaitan itu adalah jika ada WNA yang terkena pidana maka setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan maka prosesnya ditangani oleh Kantor Imigrasi.

LATSAR KE KANIM SOLO 2

LATSAR KE KANIM SOLO 4

Usai arahan dari Kepala Kanim, para peserta latsar menyimak penjelasan dari Kasi Insarkom, Kurnia Dwi Nastiti. Beliau menjelaskan mengenai definisi dan fungsi keimigrasian serta struktur organisasi di Kantor Imigrasi Surakarta. Terdapat 3 seksi di Kantor Imigrasi yaitu Seksi Lalintuskim, Seksi Wasdakim & Seksi Infokim.

"Tugas lalintuskim adalah melakukan pemberian dokumen perjalanan , ijin berangkat, dan ijin kembali, " ujarnya. "Wasdakim bertugas melakukan pemantauan terhadap pelanggaran perijinan keimigrasian dan mengadakan kerjasama antar instansi di bidang pengawasan orang asing, "lanjutnya menambahkan.

Satu lagi yaitu Infokim yang memiliki tugas melakukan pengumpulan,penelaahan,analisis data,evaluasi,penyajian dan penyebaran informasi keimigrasian, "pungkasnya mengakhiri paparanya. Usai arahan dari Kepala Kanim, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berkeliling meninjau ruang pelayanan publik,ruang wawancara dan foto. Dalam peninjauan tersebut, para peserta latsar mendapatkan pendampingan dan penjelasan dari petugas.

Mengakhiri kegiatan, Kepala Kanim Kelas I Surakarta berpesan kepada para peserta latsar untuk selalu menjaga integritas,loyalitas,dedikasi dan kejujuran dalam bekerja.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

LATSAR KE KANIM SOLO 5

LATSAR KE KANIM SOLO 6

 


Cetak   E-mail