Kumpulkan Kepala UPT Se-Jawa Tengah, Kakanwil Ingatkan Empat Hal Ini

kumpulkan UPT SE JATENG 4

SEMARANG - Tidak perlu waktu lama bagi Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bapak Dewa Putu Gede melakukan tugasnya. Usai acara Lepas Sambut Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, hari Rabu (01/08) Bapak Dewa Putu Gede memberikan pengarahan kepada Kepala UPT Se-Jawa Tengah di Aula Lantai 3 Kantor Wilayah.

Mengawali arahannya, beliau mengatakan ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis dalam menunaikan tugasnya, yaitu berkaitan dengan Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Layanan dan Manajemen Keamanan.

Dalam hal *Manajemen Keuangan* agar perlu diperhatikan masalah penyerapan anggaran sesuai disbursment plan dan untuk BMN diharapkan setiap Kepala UPT secara kontinyu melakukan pengecekan barang baik bergerak maupun tidak bergerak. "Segera usulkan penghapusan terhadap barang-barang yang sudah rusak sehingga tidak menumpuk di gudang," tandasnya.

Selanjutnya terkait dengan *Manajemen Sumber Daya Manusia*, Kakanwil asal Bali ini menegaskan agar melakukan pengawasan secara terus menerus kepada bawahannya terutama di Jajaran Pemasyarakatan."Jangan mempekerjakan WBP dibagian pelayanan tanpa pengawasan atau kontrol dari Kalapas dan Karutan,"ujar beliau mengingatkan.Khusus Lapas SMS di Nusakambangan yaitu Lapas Batu,Lapas Pasir Putih dan Lapas Besi untuk lebih diperketat melalui pengawasan secara langsung sampai dengan blok-blok setiap satu hari sekali,"kata beliau menambahkan.

Yang ketiga yakni berkaitan dengan *Manajemen Pelayanan*.Khususnya layanan keimigrasian dan pelayanan hukum.Jajaran UPT Imigrasi untuk lebih berhati-hati dalam memberikan layanan publik dan tidak perlu ragu mengajak ombudsman dalam meningkatkan pelayanan publik."Jangan ada lagi calo-calo berkeliaran di area-area layanan keimigrasian,"tegasnya.

Selain itu untuk layanan di jajaran Pemasyarakatan agar diperhatikan hak dasar narapidana. "Penuhi hak beribadah,makan & minum sesuai dengan ketentuan. Tempat makan dan dapur harus bersih,tempat tidur nyaman,berikan layanan untuk membaca dan bantuan hukum," tutur beliau.

Yang keempat yaitu berkaitan dengan *Manajemen Keamanan*. Kakanwil menekankan untuk tidak lupa melakukan pencatatan terhadap keluar masuknya narapidana, dan upayakan agar Portir dilengkapi dengan kamera CCTV, "pungkasnya.

Usai Kakanwil memberikan pengarahan, dilanjutkan dengan paparan dari jajaran Pimti Pratama terkait dengan tugas dan fungsi pada masing-masing divisi serta permasalahannya. Hadir pula Bapak Djoni Priyatno (eks.Kadiv Pemasyarakatan) yang ditugaskan sebagai Konsultan Pengawas di Nusakambangan turut memberikan paparan berkaitan dengan tugasnya dan progres pembangunan Lapas SMS Karanganyar yang sedang berjalan. Sementara dari Pimti Pratama yang berhalangan hadir yaitu Kadiv Pelayanan Hukum & HAM yang sedang mengikuti pendidikan di Bogor serta beberapa Kepala UPT yang sedang mengikuti assesment di Jakarta.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

kumpulkan UPT SE JATENG 2

kumpulkan UPT SE JATENG 3

kumpulkan UPT SE JATENG 1


Cetak   E-mail