Peningkatan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat melalui Aplikasi LAPOR!

aplikasilapor 1

SEMARANG - Aplikasi LAPOR atau Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat merupakan salah satu aplikasi untuk sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu di lingkungan Pemerintah Indonesia.

Hari ini, Jumat (10/08) Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretaris Jenderal bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar Pelaksanaan Aplikasi LAPOR di Aula Lantai 3 Kantor Wilayah. Acara yang diikuti oleh 25 peserta Pejabat Penghubung LAPOR di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Humas, Hukum & Kerjasama, Ajub Suratman.

aplikasilapor 7

Kepala Divisi Administrasi, Susilo Pramono, dalam sambutan selamat datangnya mengungkapkan bahwa meskipun telah tersedia fasilitas pengelolaan pengaduan layanan masyarakat dengan menggunakan aplikasi LAPOR, namun hingga saat ini dalam implementasinya belum maksimal.

"Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan Aplikasi LAPOR, "ujar Kadivmin. "Kendala-kendala yang menyebabkan belum maksimalnya pelaksanaan aplikasi ini antara lain belum adanya petugas yang bertugas menjadi operator/tim admin LAPOR, " ungkap beliau menambahkan. Selain itu, belum adanya pejabat penghubung pada UPT yang bertugas mengelola pengaduan secara internal dan belum adanya sinergi antara admin pusat, admin kanwil dan admin UPT menjadi hambatan selanjutnya.

"Perlu dibuat grup whatsapp yang anggotanya para pejabat penghubung LAPOR di UPT, Admin Kanwil dan Admin Pusat sehingga komunikasi dapat berjalan efektif, " imbuh Bapak Pramono.

aplikasilapor 2

aplikasilapor 9

aplikasilapor 8

Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum & Kerjasama, Ajub Suratman mengatakan bahwa penggunaan aplikasi LAPOR! di semua satuan kerja merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh suatu instansi,sehingga kita dapat melakukan pengolahan dan pendistribusian informasi secara efektif guna peningkatan kinerja dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

"Pejabat penghubung LAPOR yang ditunjuk untuk mengelola aplikasi LAPOR agar secara sistematis dan cepat dalam menindaklanjuti pengaduan, hal ini untuk mendukung era keterbukaan informasi dimana masyarakat berhak memperoleh pelayanan yang harus diberikan oleh aparatur pemerintah, " tutur Bapak Ajub.

"Disamping itu e-LAPOR merupakan salah satu target kinerja tahun 2018 baik di tingkat Pusat maupun di Kantor Wilayah yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM," ujar beliau mengingatkan. Mengakhiri sambutan, Kepala Biro Humas,Hukum & Kerjasama ini berharap para peserta dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk mengikuti dan mendengarkan arahan dari narasumber dengan sungguh-sungguh.

aplikasilapor 3

aplikasilapor 6

aplikasilapor 4

aplikasilapor 10

Kegiatan aplikasi LAPOR ini menghadirkan narasumber Deswati, Kasubag Layanan Pertimbangan Hukum, Biro Humas dan Zulfiqi. Turut hadir dalam acara pembukaan Kabag PP dan Kasubag PPHTI Kanwil Jateng. (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

 


Cetak   E-mail