Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Pembimbing Kemasyarakatan Bapas, PPNS dan Notaris Pengganti pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng, Ini Beberapa Pesan Penting Kakanwil

pelantikanpkbapas 1

SEMARANG - Hari ini Selasa (14/08) bertempat di Aula Kantor Wilayah, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dewa Putu Gede, melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat PK BAPAS, PPNS Pamong Praja dan Notaris Pengganti di jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Menjadi Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas adalah sebuah pilihan dari beberapa jabatan fungsional yang ada. Peran PK sangat diharapkan dalam proses peradilan pidana dan pelaksanaan pemidanaan, mulai dari tahap pra adjudikasi, adjudikasi dan post adjudikasi. Hal tersebut disampaikan Bapak Dewa Putu Gede mengawali sambutan. "Saat ini sedang dalam proses pembangunan Bapas di wilayah Nusakambangan, setelah sebelumnya Bapas Klaten yang hingga saat ini menunggu beroperasi, oleh karenanya masih banyak dibutuhkan pula PK Bapas," ujar beliau menambahkan.

pelantikanpkbapas 9

pelantikanpkbapas 11

pelantikanpkbapas 13

Menjadi PK Bapas dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, hal ini seiring dengan perubahan status sesuai dengan ketentuan ASN. "Setelah ini Saudara akan diberikan pembekalan dan penguatan untuk hal-hal yang berkaitan dengan administrasi sebagai ASN dan teknis sebagai PK, "jelas Kakanwil. Sementara itu, kepada PPNS Pamong Praja yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya, Kakanwil mengingatkan tentang peran PPNS dalam penegakan Perda. "Jaga integritas dan perilaku baik Saudara di dalam maupun diluar kedinasan, mengingat kasus pelanggaran pro justisia semakin meningkat," terang Kakanwil.

pelantikanpkbapas 14

pelantikanpkbapas 16

pelantikanpkbapas 19

Dalam kesempatan yang sama, terhadap notaris pengganti Kakanwil mengatakan bahwa dengan telah mengucapkan sumpah notaris maka kewenangan notaris pengganti sama dengan notaris yang digantikan. "Saudara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat dari notaris yang Saudara gantikan, "pesannya. "Saudara juga wajib melaporkan kepada Majelis Pengawas Daerah maupun Organisasi Profesi Notaris," pungkasnya. Mengakhiri sambutan beliau berpesan agar segera menyesuaikan dengan tugas baru, bekerja dengan penuh dedikasi dan profesional serta berkontribusi terhadap pembangunan NKRI. (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

Cetak