"Jajaran Kodam IV Diponegoro Siap Bersinergi dengan Jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah"

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 4

SEMARANG-Serangkaian kunjungan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, dengan jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah diakhiri silaturahmi ke Kodam IV Diponegoro.

Didampingi Kakanwil Jawa Barat, Ibnu Chuldun, yang turut menyampaikan Proposal mengenai Rencana Proyek Perubahan Manajemen Pengamanan di Lapas Nusakambangan, Kakanwil diterima langsung Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto dan jajarannya, Selasa (14/08) di ruang kerja Pangdam.

Kunjungan tersebut dimaksudkan guna silaturahmi dan perkenalan Bapak Dewa Putu Gede sebagai Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah yang baru. Selain itu juga untuk menyampaikan terkait tugas-tugas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, terutama rencana revitalisasi di Pulau Nusakambangan dan hal ihwal yang berkaitan dengan penanganan terhadap munculnya potensi gangguan keamanan di Lapas dan Rutan.

Di sisi lain, Mayjen TNI Wuryanto mengatakan bahwa tidak mudah bagi jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana di Lapas/Rutan.

"Tugas berat jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah khususnya di Lapas dan Rutan mengingat yang dihadapi adalah para narapidana/tahanan, "ujarnya. Selain itu tidak seimbangnya isi kapasitas Lapas/Rutan dengan jumlah penghuni menimbulkan masalah tersendiri bagi para petugas, " imbuh Wuryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapuspen TNI.

Berkaitan dengan peran TNI terhadap permasalahan di Lapas/Rutan, beliau mengatakan bahwa hal tersebut telah disampaikan kepada seluruh Kodim dan jajarannya di Jawa Tengah.

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 6

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 1

"Menjadikan masyarakat sebagai tirai, artinya memberi informasi apabila ada narapidana yang melarikan diri ditengah-tengah masyarakat, " tuturnya. "Peran BABINSA sebagai penyangga masyarakat terkait tugas dan kewajibannya dapat andil memberi informasi apabila terdapat narapidana yang melarikan diri," jelas Pangdam.

"TNI sewaktu-waktu dapat dibutuhkan menjadi mediator apabila terjadi kerusuhan di dalam Lapas/Rutan. Selain itu terhadap eks. narapidana teroris (napiter) TNI juga melakukan pendekatan agar dapat kembali hidup normal ditengah-tengah masyarakat, "pungkasnya.

Turut mendampingi kunjungan kerja Kakanwil ke Pangdam IV Diponegoro yaitu Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Pejabat Administrator Kanwil Jateng dan Kepala Balai Diklat KUMHAM.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 3

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 5

KUNKER PAK DEWA KE PANGDAM IV DIPONEGORO 2


Cetak   E-mail