Pengarahan Kakanwil di Lapas Terbuka Kendal, Ini 5 Hal Yang Harus Diperhatikan

LP TERBUKA KENDAL 2

KENDAL-Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, hari ini, Kamis (13/09) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Terbuka, di Desa Wonosari, Kendal. Mengawali kunjungan kerja ke UPT dengan sebutan Lapas Produktif ini, beliau memberikan pengarahan kepada para pegawai dan tunas pengayoman Lapas Terbuka di Gedung Serba Guna.

Didampingi Kepala Lapas Terbuka, Sutarno, Bapak Dewa Putu Gede, mengatakan bahwa kunjungan dirinya ke Lapas Terbuka ini merupakan kali pertama sejak beliau bertugas di Kanwil Jawa Tengah tanggal 1 Agustus 2018. Ada 5 hal yang disampaikan Kakanwil dalam pengarahan tersebut.

Kakanwil mengatakan bahwa sebagai bagian dari Kemenkumham, pertama kita harus merasa bangga, dengan kebanggan yang kita miliki maka hal tersebut diharapkan berbanding lurus dengan kinerja yang dihasilkan, terutama kepada CPNS sebagai generasi penerus. " Tunas Pengayoman ini merupakan generasi penerus yang merupakan aset negara. Kalian  merupakan orang-orang terpilih yang saya yakin memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Oleh karenanya, banggalah kalian menjadi bagian dari Kementerian Hukum dan HAM, " ujar Dewa Putu memberi semangat. 

LP TERBUKA KENDAL 4

LP TERBUKA KENDAL 5

Yang kedua harus diingat oleh para ASN yaitu bahwa sebagai ASN kita harus memiliki kepandaian. Pandai tidak hanya dalam melaksanakan tugas namun juga pandai menempatkan diri kita sebagai ASN baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari sebuah organisasi.

"Ke depan semuanya berbasis kompetensi. Pola karir dan kepangkatan melalui uji kompetensi dengan CAT. Maka saya bangga dengan para CPNS yang sudah lulus tes CPNS dengan sistim CAT, " imbuhnya.

Tidak kalah pentingnya, lanjut beliau, hal ketiga adalah kemampuan membangkitkan energi positif yang ada pada diri kita. " Energi positif yang kita miliki, gunakan untuk bekerja dengan baik, bekerja untuk memajukan Kementerian Hukum dan HAM, " jelasnya. 

Kemudian, yang keempat adalah sebagai ASN kita harus mempunyai integritas yang baik. Ini tidak mudah dan penuh tantangan, namun bukannya sulit untuk dijalankan. "Tuhan YME akan selalu bersama orang-orang yang memiliki integritas.Upaya untuk menjaga integritas terkadang memang menghadapi godaan dan tantangan, tapi percayalah Tuhan akan selalu bersama kita, " ucapnya.

Terakhir atau kelima yakni memiliki keberanian. Ini terkait erat dengan faktor integritas yang harus dimiliki. " Sebagai ASN,  harus memiliki keberanian untuk melawan hal-hal yang bisa meruntuhkan integritas. Jangan mudah tergoda dari hal-hal yang bisa mencoreng Kementerian Hukum dan HAM sebagai institusi dan sebagai ASN," tuturnya mengingatkan.

Mengakhiri pengarahan, Bapak Dewa Putu Gede, berharap agar kita selalu menjaga sikap, tutur kata dan silaturahmi kepada siapapun. Karena sebagai makhluk sosial, manusia diciptakan dalam kondisi selalu membutuhkan bantuan orang lain.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

LP TERBUKA KENDAL 1

LP TERBUKA KENDAL 7

LP TERBUKA KENDAL 6


Cetak   E-mail