"Kepala Kanwil Jawa Tengah Hadiri Ujian Promosi Doktor (Ujian Terbuka) Ilmu Hukum, Bambang Sumardiono (Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)"

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 4

SEMARANG-Hari ini, Jumat (12/10) bertempat di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, Kepala Kanwil Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, menghadiri Ujian Promosi Doktor (Ujian Terbuka) Ilmu Hukum FH UNISSULA Semarang, Kepala Kanwil DKI Jakarta, Bambang Sumardiono.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Staf Ahli Menkumham Bidang Polkam, Karo Humas, Jajaran Pimti Pratama Kanwil Jateng dan Kanwil DKI Jakarta serta Pejabat Administrasi & Jajaran Kanwil Jateng dan DKI Jakarta. Selain itu Walikota Semarang dan jajaran turut hadir dalam acara.

Ujian Terbuka Promosi Doktor ini, merupakan salah satu syarat memperoleh gelar Doktor Bambang Sumardiono atas penulisan disertasi dengan judul " Rekonstruksi Membangun Pola Conjugal Visit Sebagai Pembinaan Narapidana di Lapas Yang Berbasis Keadilan.". Kementerian Hukum dan HAM pada dasarnya mendukung adanya conjugal visit yang dituangkan menjadi program Cuti Mengunjungi Keluarga (CMK).

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 1

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 8

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 2

CMK pada dasarnya untuk memudahkan bagi narapidana untuk melakukan penyesuain dari kehidupan di Lapas ke kehidupan masyarakat,selain untuk berinteraksi secara langsung dengan keluarga maupun pasangan sahnya. Sementara itu, dalam tataran konsep, penerapan conjugal visit merupakan salah satu pemenuhan hak bagi narapidana, hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa kebutuhan seksual adalah mendasar sifatnya.

Hingga saat ini, secara legalitas belum terdapat aturan khusus tentang conjugal visit, namun demikian pembahasan conjugal visit masih dilaksanakan di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Hukum dan HAM. Untuk diketahui, Bambang Sumardiono telah resmi menyandang gelar Doktor alumnus ke 184 Program Doktor Ilmu Hukum FH UNISSULA dengan Predikat Cumlaude.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 3

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 9

SIDANG DOKTOR KAKANWIL DKI 5


Cetak   E-mail