"Kunjungi Lapas Terbuka Kendal, Kakanwil Jawa Tengah Apresiasi Kegiatan Pembinaan WBP"

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 3

KENDAL- Masih dalam rangka kegiatan inspeksi, koordinasi dan menjalin tali silaturahmi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Terbuka Kendal, Rabu (07/11).

Rasa kagum mengawali pantauan beliau. Pada saat yang bersamaan, beliau melihat secara langsung jajaran Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal ikut andil dalam kegiatan pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Mulai dari Kepala Lapas, Kepala Kesatuan Pengamanan, staf dan tunas Pengayoman berbaur dengan WBP. Mereka terjun langsung dalam kegiatan bercocok tanam kacang hijau.

Kepala Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal, Sutarno menyampaikan bahwa Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal jumlah penghuni saat ini 35 (tiga puluh lima) WBP dengan jumlah pegawai sebanyak 45 (empat puluh lima orang). Dari jumlah tersebut, 25 (dua puluh lima) merupakan orang PNS dan 20 (dua puluh) orang lagi adalah CPNS/tunas pengayoman. Saat ini Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal memiliki lahan produktif seluas 7,5 (tujuh setengah) Hektar yang terdiri dari Lahan Pertanian, Pertenakan, dan Perikanan.

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 5

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 6

Untuk bidang pertanian, Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal mencoba membudidayakan tanaman sembung,kacang hijau, dan jagung. Sedangkan bidang pertenakan, Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal telah berhasil membudidayakan ayam petelur. Saat ini jumlahnya telah mencapai kurang lebih 400 (empat ratus) ekor yang mampu menghasilkan telur sehari sebanyak 20 (dua puluh) kg.

Selain itu budidaya ternak sapi dan kambing juga sedang dioptimalkan. Untuk bidang perikanan, budidaya ikan lele, nila, dan mujahir sudah mulai menunjukkan hasilnya. Lebih lanjut, Sutarno juga menyampaikan bahwa untuk distribusi tanaman sembung, Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal berkerjasama dengan PT. Sido Muncul. Tanaman sembung akan menjadi bahan baku utama dalam pengolahan Jamu Sido Muncul. Diakhir kunjungannya, Dewa Putu Gede berpesan kepada Tunas Pengayoman agar tetap semangat bekerja, jaga integritas, dan jauhkan diri dari Narkoba.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah)

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 1

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 2

LAPAS PRODUKTIF JAWA TENGAH 4

Cetak