Hari Pahlawan, Upacara Peringatan di Kanwil Jawa Tengah Berlangsung Khidmat

haripahlawan2018 10

SEMARANG- Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, hari ini Senin (12/11) dilakukan pula oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dengan menggelar upacara di lapangan Kantor Wilayah. Peringatan ini untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Upacara Hari Pahlawan Tahun 2018 yang mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Divisi Keimigrasian, Ramli HS dan dihadiri sejumlah pejabat dan pegawai Kantor Wilayah Jawa Tengah serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Se-Kota Semarang beserta jajaran.

haripahlawan2018 1

haripahlawan2018 8

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, dikatakan bahwa Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. “Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah, “ terang Ramli HS.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. “Oleh karena itu, Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan, “ jelasnya.

Terlebih lagi, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya. “Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial.

haripahlawan2018 6

haripahlawan2018 7

haripahlawan2018 2

haripahlawan2018 11

haripahlawan2018 5

"Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry 4.0, “ ungkapnya.

Selamat Hari Pahlawan, Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)


Cetak   E-mail