Divisi Keimigrasian Gelar Kegiatan Pendampingan Penyusunan Disbursement Plan, Procurement Plan dan Kalender Kerja Tahun Anggaran 2019

disbursmenplan 1

SEMARANG - Dalam rangka menyeragamkan format matrik Disbursement Plan, Procurement Plan dan Kalender Kerja Tahun Anggaran 2019, Divisi Keimigrasian Kanwil Jawa Tengah menggelar kegiatan pendampingan penyusunan Disbursement Plan, Procurement Plan dan Kalender Kerja Tahun Anggaran 2019 yang berlangsung hari ini, Selasa (13/11) di Aula Kantor Wilayah. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Ramli HS, diawali dengan laporan panitia penyelenggara oleh Tohadi, Kepala Bidang Inteldak Insarkom. Mengawali sambutan, Ramli HS, mengatakan bahwa perencanaan merupakan awal dari suatu aktifitas yang menentukan setiap program dan kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang.

disbursmenplan 9

disbursmenplan 6

”Akan tetapi menyusun perencanaan saja belum cukup, harus menyusun dengan sebaik-baiknya sehingga dapat membawa kesuksesan dalam implementasinya, “ jelasnya. "Tanpa perencanaan kegiatan tidak akan tidak terarah dan tidak dapat menghasilkan output yang maksimal, “ imbuh beliau. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor PMK 94 / PMK.02 / 2017 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, disampaikan bahwa pendekatan yang digunakan dalam penyusunan Dokumen Anggaran adalah pendekatan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK). Pengalokasian anggaran program/kegiatan pembangunan nasional dilakukan dengan pendekatan penganggaran berbasis program (money follow program). “Harus ada keterkaitan antara pendanaan dan kinerja yang diharapkan, serta memperhatikan efisiensi dalam pencapaian kinerja dengan kuantitas dan kualitas yang terukur, “ terangnya.

disbursmenplan 3

disbursmenplan 7

disbursmenplan 4

Penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2019 harus mendukung pencapaian kinerja manajemen organisasi yang akuntabel dan reformasi birokrasi pada setiap satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Salah satu data dukung dokumen RKA-K/L yang harus disusun adalah Matrik Rencana Penarikan Dana (Disbursement Plan), Rencana Pengadaan (Procurement Plan) dan Kalender Kerja. “Penyusunan matrik diharapkan memudahkan pelaksanaan kegiatan pada tahun depan sehingga seluruh target output maupun outcome yang ingin dicapai dapat tepat waktu, tepat kualitas dengan realisasi anggaran dan target kinerja yang optimal, “ pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh para Kepala Subbag TU, para Pejabat Pembuat Komitmen dan para Operator RKA-K/L Unit Pelaksana Teknis Keimgrasian serta Bagian Program dan Pelaporan Kantor Wilayah dan Ditjen Imigrasi. Hadir sebagai narasumber, Darori, Kasubag Penyusunan Anggaran Wilayah Ib Sekretariat Ditjen Imigrasi dan moderator, Kepala Bagian PP, Budhiarso Widhyarsono. (Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)


Cetak   E-mail