Seluruh Kab/Kota di Jawa Tengah dan 8 UPT Terima Penghargaan di Hari HAM Sedunia

 

HARI HAM 2018 3

Jakarta- Mengulang pencapaian tahun sebelumnya, 35 (tiga puluh lima) Kabupaten/Kota se Jawa Tengah kembali memperoleh penghargaan Kabupaten/Kota Peduli  Hak Asasi Manusia (HAM), pada puncak Peringatan Hari HAM sedunia yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, Selasa (11/12).

Acara yang dipusatkan di Graha Pengayoman, diawali dengan laporan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly. Menteri Yasonna menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Aksi Hak Asasi Manusia yang hingga saat ini telah mencapai 75%.

"Dan kami harapkan hingga akhir Tahun 2018, Pemerintah Daerah dapat mempercepat laporan pelaksanaan Aksi HAM, hingga data masuk dapat mencapai 100%, " terangnya. Pada tahun ini pula Kementerian Hukum dan HAM tengah mengupayakan penerapan Pelayan Publik Berbasis HAM. Upaya ini diawali dalam lingkup internal, di beberapa Unit Pelaksana Teknis.

HARI HAM 2018 2

HARI HAM 2018 4

"Nilai-nilai norma HAM dikedepankan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan," lanjut Yasonna. Sementara itu, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang berkesempatan hadir untuk memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang membina dan membangun seluruh dan sebagian besar Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang baik dari pihak Kementerian Hukum dan HAM.

"Indonesia merupakan pelopor Kemerdekaan beberapa negara yang dibicarakan di Konferensi Asia Afrika, dan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki konstitusi yang setara dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia," ujar JK.

"Kita harus saling menghargai satu sama lain sehingga setara. HAM juga sudah dibedakan antara hak dan kewajiban setiap orang," katanya. "Melaksanakan hak harus sesuai dengan hukum yang berlaku, " imbuh Wapres.

Pada pagelaran kali ini, Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada 17 (tujuh belas) Gubernur, sedangkan Penghargaan Kabupaten/Kota diberikan kepada 346 Kabupaten/Kota yang diserahkan oleh Menkumham didampingi Sekjen Bambang Rantam, dan Dirjen HAM, Mualimin Abdi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dewa Putu Gede bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Rr. Sri Widyaningsih turut serta mendampingi Kepala Daerah Kabupaten/Kota serta Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) yang juga mendapat Penghargaan untuk Pelayanan Publik Berbasis HAM.

HARI HAM 2018 8

HARI HAM 2018 5

Delapan UPT yang memperoleh penghargaan yaitu Kanim Wonosobo, Kanim Pemalang, Kanim Pati, Kanim Cilacap, LPP Semarang, Rutan Batang, Rutan Wonosobo dan Bapas Surakarta.

Untuk diketahui, Penilaian Daerah Kabupaten/Kota peduli HAM merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM untuk mendorong daerah lebih peduli terhadap Hak-hak dasar masyarakat sebagai warga Negara.

Tujuan adanya penilaian daerah Kabupaten/ Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yakni :

1. Memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan (P5) HAM

2. Mengembangkan sinergitas satuan kerja perangka daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka P5 HAM; dan

3. Memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam melaksanakan P5 HAM;

Dalam Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia  Republik Indonesia Nomor 34  Tahun 2016 Tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, disebutkan bahwa kriteria daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya:

a.hak atas kesehatan;

b.hak atas pendidikan;

c.hak perempuan dan anak;

d.hak atas kependudukan;

e.hak atas pekerjaan;

f.hak atas perumahan yang layak; dan

g.hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng)

HARI HAM 2018 6

HARI HAM 2018 7

HARI HAM 2018 1

Cetak