Awali Safari Ramadhan, Kakanwil Kumpulkan Jajaran Pemasyarakatan Se Eks Karesidenan Kedu

 PicsArt 05 08 04.52.19
 
 
MAGELANG -  Rangkaian Safari Ramadhan Tahun 2019, dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Sutrisman dengan melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Magelang,  Rabu (08/05).
 
Mengisi agenda tahunannya, Sutrisman memberikan pengarahan kepada jajaran Pemasyarakatan se Eks Karesidenan Kedu.
 
Usai mendengarkan prolog dari tuan rumah, Kepala Lapas Magelang, Bambang Irawan, Kakanwil memulai amanatnya dengan memaparkan subtansi dari kode etik Pemasyarakatan.
 
"Kode etik hadir dalam tatanan kehidupan kita. Baik di masyarakat maupun di Pemasyarakatan tempat kita bekerja, dan jelas harus kita taati,"jelasnya.
 
PicsArt 05 08 04.54.42
 
 
"Bahkan kode etik dalam memberikan pelayanan, pembinaan dan pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) wajib untuk tidak dilanggar," sambungnya.
 
Sutrisman juga menguraikan tujuan dari keberadaan kode etik pemasyarakatan yang meliputi, mengarahkan petugas dalam bersikap dan bertingkah laku, mendorong terciptanya lingkungan kerja yang tertib, mencegah terjadinya penyimpangan, menjamin kualitas pelayanan pemasyarakatan.
 
"Dan yang paling utama adalah melindungi petugas pemasyarakatan itu sendiri," terangnya, melengkapi paparan.
 
Searah dengan penerapan kode etik, dia juga berpesan untuk bekerja dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditentukan.
 
"Janganlah takut bekerja dengan berpedoman pada SOP yang ada. Bila kita sudah bekerja sesuai SOP namun masih terjadi sesuatu, itu adalah bagian dari risiko, "tegasnya.
 
"Dan untuk maju, kita harus berani mengambil risiko sesuai dengan prosedur serta quick respon,"lanjutnya lagi.
 
Selanjutnya, secara berurutan Kakanwil mengelaborasi, bagaimana menegakan hukum dalam bekerja yang harus selalu konsisten, bagaimana menentukan target kinerja individu, bagaimana menjadi petugas yang smart dengan menguasai teknologi, bagaimana petugas pemasyarakatan harus update dengan kondisi terkini, bagaimana menjadi pemimpin sebagai role model, dan bagaimana bersikap di semua tempat.
 
Setelah menutup kegiatan pengarahan melalui sesi tanya jawab dan foto bersama, Kakanwil melanjutkan agendanya dengan melakukan kontrol keseluruh ruang di lingkungan Lapas Magelang.
 
Pada kesempatan ini, Kakanwil sekaligus menitip pesan ke Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Magelang untuk semakin meningkatkan ibadah, selalu menjaga kebersihan, kesehatan, kerapian diri dan lingkungan, serta belajar saling menghargai, saling menghormati, dan saling bertoleransi.
 
(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng GAYENG✊)
 
PicsArt 05 08 04.53.42PicsArt 05 08 04.53.42

Cetak   E-mail