Dengan Tema Bangkit Untuk Bersatu, Kakanwil Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-111

WhatsApp Image 2019 05 20 at 09.07.25

 

SEMARANG – Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke – 111 dengan tema Bangkit Untuk Bersatu, hari ini (20/05) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia termasuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yang menggelar Upacara Bendera di lapangan upacara Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada hari ini adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Sutrisman dan diikuti oleh pejabat Pimti Pratama dan seluruh pajabat administrasi, pengawas, dan pelaksana Kanwil Jawa Tengah dan Rupbasan Kelas I Semarang.

Diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara, serta pembacaan Undang – Undang Dasar 1945 dan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia, selanjutnya Sutrisman membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam pidato Menkominfo yang disampaikannya, Kepala Kantor Wilayah mengajak seluruh jajarannya untuk menghayati Sumpah Palapa dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang pada saat ini berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

"Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia,” ujarnya.

 

WhatsApp Image 2019 05 20 at 09.07.29

 

Kakanwil mengajak untuk mengirim doa bagi saudara – saudara kita yang berjuang dan berkorban bahkan berkorban nyawa demi kelancaran proses pemilu tahun ini dan juga mengajak untuk menunggu hasil penghitungan suara resmi yang tidak lama lagi akan diumumkan.

Telah lebih dari satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Bangsa ini telah membuktikan bahwa dengan kemajemukan mampu untuk menjaga persatuan dan kesatuan hingga detik ini. Kita sebagai penerus bangsa harus mampu menggali kearifan dan semangat gotong royong nenek moyang kita yang telah dipupuk selama berabad – abad.

Semoga melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini kita sebagai anak bangsa mampu secara sadar memaknainya dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

Indonesia Bangkit, Indonesia Bersatu

 

WhatsApp Image 2019 05 20 at 09.07.28

WhatsApp Image 2019 05 20 at 09.07.28

 

 

Cetak