Membangun Kemenkumham Yang 'Coorporate University'

 IMG 20191205 WA0000
 
 
SEMARANG - Urgensi dan eksistensi Corporate Universty  yang baru saja di launching oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, menjadi inti materi yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Tarsono kepada para pegawainya, Rabu (04/12).
 
Bahasan ini, sekaligus merupakan oleh-olehnya usai mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kompetensi dengan Strategi dan Metode Kementerian Hukum dan HAM Corporate Universty di Jakarta pada tanggal 1-3 Desember 2019.
 
"Kalau hanya mengikuti pendidikan dan latihan dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia yang secara regular, baik secara klasikal maupun e-learning yang selama ini berlangsung, dalam 1 tahun tidak lebih dari 9 ribu yang mendapatkan kesempatan itu," jelasnya kala mengambil apel di halaman Kantor Wilayah.
 
"Atas dasar itulah, sejalan dengan Program Pemerintah, Kemenkumham mencanangkan untuk membangun Kementerian yang Corporate Universty. Organisasi yang selalu belajar, organisasi pembelajaran," terangnya melanjutkan.
 
Menghadapi hal tersebut, Kakanwil menjelaskan beberapa langkah antisipatif terkait dengan pengembangan Corporate Universty.
 
IMG 20191205 WA0002
 
"Siapapun yang akan mengambil apel, silahkan menyiapkan materi tertentu terkait tugas dan fungsi di bidang atau  bagian tertentu. Dan setiap materi setidak-tidaknya disampaikan sekitar 5 sampai 7 menit," instruksinya.
 
"Jadi setiap hari kita ada pengembangan diri, ada peningkatan kapasitas untuk kita semuanya. Forum apel, disamping sebagai forum silaturahmi untuk meningkatkan soliditas kita semua,  juga menjadi media penyampaian informasi tentang pelaksanaan tugas dan fungsi," ungkapnya kemudian.
 
Lebih lanjut, Pria asli Kebumen ini mengulas lebih dalam implementasi langkah konkrit tersebut.
 
"Siapapun yang mendapatkan tugas dan materinya akan masuk ke aplikasi. Nantinya setelah 20 jam akan tercatat secara sistematis. Dan mendapatkan sertifikat," sambungnya masih menjelaskan.
 
Mantan Kepala Biro Keuangan itu juga memberikan kesempatan kepada pejabat atau pegawai yang menguasai materi apapun untuk melakukan mentoring.
 
Terakhir, dirinya meminta seluruh jajarannya untuk mendukung hal tersebut.
 
"Kanwil Kemenkumham Jateng  termasuk organ dari Kemenkumham. Jadi kita semua harus ikut serta dan mendukung penuh institusi ini menjadi lembaga yang Corporate Universty," pungkasnya menutup arahan.
 
(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng PASTI Gayeng)
 
IMG 20191205 WA0003
Cetak