Ryan Satria Wicaksono Raih Skor 418 Tertinggi Sementara

 rsw

Tes SKD Catar Poltekip/Poltekim

 

SEMARANG - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Taruna/Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Ilmu Imigrasi (POLTEKIM), hari pertama, Senin (03/08) yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, menempatkan Ryan Satria Wicaksono sebagai peserta dengan nilai tertinggi.

 

Dirinya memperoleh score sebanyak 418 dan mengungguli 532 orang peserta lainnya. 

 

Sedianya tes pada hari pertama ini diikuti oleh 600 orang yang terjadwal. Namun dari jumlah tersebut, 68 orang lainnya tidak dapat mengikuti test dengan kendala yang beragam.

 

Lebih rinci, ujian perdana dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang digelar di Gedung G Universitas Negeri Semarang (UNNES), terbagi menjadi tiga sesi.

 

Pada sesi pertama, dari 200 orang yang telah dijadwalkan, 169 orang saja yang hadir mengikuti seleksi. 31 orang lainnya berhalangan hadir. Di sesi ini, Muhammad Hoirul Anam dengan nilai 406 menjadi yang terbaik.

 

Di sesi kedua, kondisinya sama, kouta 200 orang yang disediakan, hanya diisi 176 orang. Pemegang score tertinggi menjadi yang terbaik di sesi ini.

 

Sementara di putaran ketiga, tercatat hanya 187 orang yang berkesempatan mengikuti seleksi. Di sesi pamungkas, Nugroho Bowo S dengan score 141 menjadi peserta dengan perolehan nilai terbanyak.

 

Pada seleksi tersebut, seluruh peserta wajib menjawab pertanyaan yang berjumlah 100 butir soal dan harus memenuhi ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan.

 

Rinciannya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal dengan passing grade nilai 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 soal dengan ambang batas nilai 80 dan Tes Karekteristik Pribadi  (TKP) 35 soal dengan passing grade nilai 126. Dan diketahui masing-masing jawaban yang benar memperoleh nilai 5.


Cetak   E-mail