Anggota Komisi III Kunjungi Bapas Surakarta, Kakanwil Sampaikan Strategisnya Peran Balai Pemasyarakatan

 PicsArt 10 23 05.32.20

 

SURAKARTA - Penting dan strategisnya peran Balai Pemasyarakatan disampaikan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, Priyadi kala menerima kunjungan kerja perorangan Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana ke Bapas Kelas I Surakarta, Jumat (23/10). Kunjungan tersebut dikatakannya   merupakan kunjungan yang pertama kali anggota Komisi III ke Balai Pemasyarakatan.

 

Kakanwil yang pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Meurah Budiman, memaparkan situasi dan kondisi Pemasyarakatan secara umum di Jawa Tengah.

 

Kodisi tersebut antara lain kondusifitasnya Lapas/Rutan di Jawa Tengah dengan jumlah narapidana lebih dari 12 ribu orang. Selain itu, strategisnya peran Bapas dalam Sistem Peradilan Pidana khususnya menyangkut pelaksanaan diversi dan penanganan terorisme.

 

IMG 20201023 WA0035

 

 

Berikutnya, Kakanwil juga menyampaikan jumlah narapidana di Jawa Tengah yang memperoleh program asimilasi sebanyak 5500, dengan pelanggaran  47 orang. Namun jumlah pelanggaran tersebut dilakukan oleh klien pindahan dari Bapas di luar Jawa Tengah.

 

Menanggapi hal tersebut, Eva Yuliana mengapresiasi terhadap atensi Kakanwil dan jajaran terhadap strategisnya peran Balai Pemasyarakatan.  Sedangkan terhadap narapidana yang memperoleh asimilasi namun melakukan pelanggaran, dirinya mengharapkan ada perhatian terhadap masalah ini, sekaligus untuk dilakukan evaluasi sehingga dapat meminimalisir munculnya pelanggaran.

 

IMG 20201023 WA0038


Cetak   E-mail