Rangkaian Kegiatan Semarakkan Peringatan HBI Ke-71 di Kumham Jawa Tengah

 micx

SEMARANG – Minggu pagi yang cerah menghiasi langit Kota Atlas. Begitu pula wajah cerah yang terlihat di antara peserta Gowes Bareng berkaos putih dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 Tahun 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang (24/02). 

 

Acara gowes yang diikuti oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan Kanwil Kemenkumham Jateng serta UPT Kota Semarang ini menempuh jarak kurang lebih 11 km. Para peserta melintasi rute yang dimulai dari Kanim Semarang - Kali Banteng - Indraprasta - Lawang Sewu dan hingga garis finish kembali di Kanim Semarang. Terlihat Kepala Divisi Keimigrasian Santosa, Kepala Divisi Pemasyarakatan Meurah Budiman, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Doni Alfisyahrin dengan semangat mengayuh sepedanya masing-masing.

 

Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 mengangkat tema “Imigrasi Bersatu dalam Jarak Menuju Indonesia Maju!”  

 micx2

Tidak ketinggalan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengimplementasikan terobosan andalannya berupa inovasi Si Semar Layak yang merupakan sistem pelayanan Keimigrasian murni online dan paperless.

 

“Masyarakat cukup mendaftar dan mengupload sekaligus juga menginput e-Perdim sehingga masyarakat tidak perlu lagi bertemu dengan petugas untuk diperiksa dokumennya secara manual, karena sudah diperiksa secara elektronik,” papar Doni.

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang juga meyakinkan bahwa mereka tetap memberikan layanan yang produktif yaitu memberikan informasi kepada masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

 

“Dengan kita melaksanakan prokes ini masyarakat merasa yakin untuk datang ke kantor untuk mengurus dokumen keimigrasian baik untuk WNI atau WNA,”  kata mantan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang ini.

 

Selain kegiatan Gowes Bareng, rangkaian Hari Bhakti Imigrasi juga berisi doa bersama di Masjid Raya Jawa Tengah, pemberian santunan kepada panti asuhan, kegiatan membagikan masker dan hand sanitizer, pengambilan donor darah dan swab antigen di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Puncak acara akan diadakan upacara virtual dan pemotongan tumpeng tanggal 26 Januari nanti.

 

“Pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur kita di pandemi ini. Kita ingin menunjukkan semangat yang tidak pernah kendor dan selalu produktif memperkuat sinergitas dan kolaborasi sesama SDM yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang maupun Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah,” pungkasnya.


Cetak   E-mail