Sinergi Kumham Jateng dengan Pemkab Pati dalam Pembentukan Perda

IMG 20210227 145945 046

Semarang - Sinergi tim Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kanwil Kumham Jateng dengan Pemkab Pati terlihat saat rapat Pengharmonisasian Peraturan Perundang-Undangan Raperda Kabupaten Pati, pada Jumat (26/02).

Pokok bahasan utama dalam rapat ini ialah perubahan atas Perda No. 5 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati Tahun 2010-2030.

Kabid Hukum, Deni Kristiawan memimpin jalannya rapat secara virtual yang diikuti oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Pati, Dinas Tata Ruang Kabupaten Pati, dan tim Perancang Peraturan Perundang-undangan.

"Materi muatan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah memang erat kaitannya dengan perencanaan pembangunan di daerah, sehingga harus diperhatikan kesesuaian substansi materi dengan role model pembangunan di daerah agar tidak tumpang tindih dengan Peraturan Perundang-undangan lain dan pastinya berperspektif HAM," papar Deni.

Adapun aspek-aspek yang dibahas terkait pembentukan perda tersebut antara lain aspek prosedural, aspek substansi materi muatan, dan aspek teknik penyusunan.

Perubahan Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati bertujuan terbentuknya produk hukum yang berkualitas di daerah Pati.

"Harmonisasi Raperda bertujuan agar produk hukum tidak saling bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau sederajat. Dan pastinya produk hukum tersebut akan berdaya dan berhasil guna menyelesaikan permasalahan di daerah," ujar mantan Kabid HAM ini.

Sebelumnya, Bagian Hukum Setda Kabupaten Pati dalam paparan awalnya menyatakan bahwa Raperda perubahan ini sekaligus memberikan solusi atas permasalahan perencanaan pembangunan di Kabupaten Pati.

*Kanwil Jateng Pasti Gayeng*
*Pasti Komunikatif, Kompak dan Solid (K2S)*

#JatengPastiGayeng
#JatengPastiProduktif
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail