10 Adab Saat Mendengarkan Kumandang Adzan

 PicsArt 04 19 06.17.45

 

SEMARANG - Adzan merupakan sebuah panggilan bagi umat muslim untuk melaksanakan sholat fardhu. Kumandang adzan bertujuan untuk memberitahu umat untuk bersiap menunaikan ibadah shalat. Kurang lebih ada 10 adab atau amalan yang harus dilakukan oleh umat muslim saat mendengar adzan.

 

Demikian materi yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi, kala mendapatkan giliran mengisi kultum ramadhan usai sholat dhuhur, Senin (19/04) di Masjid Al Hikmah Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

 

"10 amalan telah dicontohkan Rasulullah SAW, setiap kali beliau tengah mendengarkan adzan, " ucapnya. Sebagai umat Islam, sudah tentu kita dianjurkan untuk mengikuti sunnah yang telah dicontohkan, menyegerakan untuk sholat meski kita sedang bekerja, " ajaknya.

 

IMG 20210419 WA0032

 

 

Ia kemudian menjelaskan 10 amalan yang harus dilakukan ketika mendengarkan adzan.

 

Mengucapkan seperti yang diucapkan muadzin, bershalawat, minta pada Allah untuk Rasulullah wasilah, membaca Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan abduhu warasuluh, sebagaimana disebutkan dalam hadits Sa'ad bin Abi Waqqash.

 

Selain itu, memanjaatkan doa, saat adzan berkumandang untuk tidak berbicara, menghentikan aktifitas yang dilakukan, menyegerakan shalat dan tidak keluar dari masjid setelah adzan adalah amalan berikut yang disampaikan Kadivyankumham.

 

"Tidak ada yang tahu sampai umur berapa kita hidup. Untuk itu, saya mengajak bapak ibu untuk menyegerakan shalat saat adzan berkumandang. Tinggalkan kesibukan kita sejenak dari rutinitas aktivitas pekerjaan, " pungkasnya menutup kultum.

 

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*

*PASTI WOW*

*PASTI WBK*

 

#JatengPastiProduktif

#TetapDisiplinPakaiMasker

#JagaJarakdanCuciTangan

 

PicsArt 04 19 06.18.29

Cetak