Antisipasi Masuknya WNA Ilegal, Kumham Jateng Lakukan Operasi Gabungan

 PicsArt 09 16 09.24.24

 

JEPARA - Untuk menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Divisi Keimigrasian melakukan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat Provinsi di Kecamatan Karimunjawa, Jepara. 

 

Kegiatan Operasi Gabungan Tim Pora tingkat Provinsi diikuti oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah,Kantor Imigrasi Kelas l Non TPI Pati, Kesbangpol, Disnakertrans dan Bais TNI. 

 

Selama 3 hari terhitung sejak Senin (13/09) hingga Rabu (15/09) sebanyak 1 (satu) perusahaan dan 4 (empat) tempat penginapan telah dilakukan pengawasan dan edukasi pemahaman Peraturan Keimigrasian.

 

1 (satu) perusahaan dan 4 (empat) tempat penginapan tersebut adalah Lodi Ikan Perikanan,Happinezz Hills, Eco Casa Vacanza, Hotel Jiwa Quest dan Nusantara Alam Kita. 

 

Operasi Gabungan Tim Pora ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antar instansi dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing demi tegaknya kedaulatan negara dari ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban negara. 

 

 

IMG 20210916 WA0006

 

Dalam kegiatan tersebut, pada prinsipnya seluruh perusahaan ataupun tempat penginapan telah memahami dan mematuhi aturan Keimigrasian, namun demikian perlu juga memastikan Penjamin dan keberadaan kegiatan Orang Asing yang bekerja ataupun melakukan investasi telah sesuai dengan aturan keimigrasian dan memastikan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat sekitar. 

 

Selain itu, petugas juga memberikan sosialisasi terhadap pemilik penginapan untuk selalu melaporkan/memberikan informasi tentang keberadaan Orang Asing yang ada di penginapannya aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code terhadap WNA dan Penjamin/Sponsor.

 

Pada umumnya kegiatan operasi gabungan ini disambut dengan baik oleh pihak perusahaan dan berjalan dengan lancar serta tertib dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sejak dimulainya kegiatan seperti melakukan Swab Anti Gen, memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi pemerintah agar dapat mengecek kondisi saat berada dilokasi tujuan terkait status pandemi covid dan mencegah penyebaran covid 19.

 

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*

*PASTI WOW*

*PASTI WBK*

 

#JatengPastiProduktif

#TetapDisiplinPakaiMasker

#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail