Tindaklanjuti Laporan Yankomas, Kepala Bidang HAM Lakukan Tinjauan Lokasi Dugaan Pelanggaran HAM

IMG 20211018 201831 014

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terus berupaya untuk menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM di wilayah Jawa Tengah. Hari ini, Senin (18/10) Kepala Bidang HAM Lista Widyastuti didampingi oleh Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan melakukan tinjauan lokasi terjadinya dugaan pelanggaran HAM terkait permasalahan sengketa tanah.

Pelaksanaan tinjauan ke lokasi terjadinya dugaan pelanggaran HAM ini bertempat pada sebuah perumahan di Kota Semarang. Adapun tujuan dilakukan tinjauan lokasi untuk memastikan terkait pengaduan yang diadukan oleh Penyampai Komunikasi yaitu kesulitan memperoleh akses jalan dengan adanya pembangunan rumah warga dan perluasan pembangunan tempat ibadah.

Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti menjelaskan bahwa pengertian Jalan menurut UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

“Setiap manusia memiliki hak yang tidak boleh dilanggar oleh manusia lain. Hak tersebut dilindungi oleh negara yang telah diatur ke dalam peraturan perundang-undangan. Apabila hak asasi manusia tidak diatur ke dalam peraturan perundang-undangan maka tidak ada kesadaran masyarakat untuk menghormatinya”, jelas Lista.

Selanjutnya hasil tinjauan ke lokasi dugaan pelanggaran HAM akan dikaji dan dituangkan ke dalam Telaahan serta rekomendasi ke instansi terkait.

Melalui Yankomas, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan pelayanan kepada masyarakat terhadap dugaan pelanggaran HAM. Di mana Penyampai Komunikasi dapat menyampaikan secara langsung aduannya ke Kanwil Kemenkumham Jateng atau melalui pos Yankomas yang berada di tiap UPT Kemenkumham di wilayah Jawa Tengah.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#HDKD2021
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan

Cetak