Kakanwil Buka Sosialisasi & Lokakarya Instrumen Asesmen Risiko dan Kebutuhan Narapidana IPKEMINDO

IMG 20211026 002745 811

SEMARANG - Instrumen dalam pelaksanaan Penelitian Pemasyarakatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) semakin bertambah.

Menyikapi hal tersebut Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Jawa Tengah mengadakan Penguatan dan Pengarahan Pembimbing Kemasyarakatan serta Sosialisasi dan Lokakarya Instrumen Asesmen Risiko dan Kebutuhan Narapidana bagi Pembimbing Kemasyarakatan dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Senin (25/10).

Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut, dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin dari ruangannya.

Tak banyak yang disampaikan Kakanwil sebelum membuka kegiatan. Pria 58 tahun itu hanya memberikan apresiasi kepada IPKEMINDO Jawa Tengah yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan.

"Yang pertama saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh kawan-kawan dari
IPKEMINDO. Bahwa kawan-kawan dari PK Madya yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini," tuturnya.

Kakanwil menyampaikan, sebenarnya para PK Madya di Kantor Wilayah ingin menyampaikan banyak hal secara langsung, namun harus lebih direncanakan terlebih dahulu dan menyesuaikan anggaran yang ada.

Menurutnya zoom ini adalah langkah awal dari sosialisasi, monitoring dan evaluasi yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan kunjungan ke Bapas di seluruh Jawa Tengah.

Dia berharap, kegiatan sosialisasi memberikan banyak manfaat bagi para PK untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang regulasi yang baru.

"Mudah-mudahan Bapak Ibu sekalian yang ada di ruangan ini, yang ada di zoom ini, bisa mendengarkan, sehingga menjadi bahan untuk Bapak Ibu, untuk bisa melaksanakan pekerjaan nanti sebagai PK", pungkasnya.

Sementara Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto yang lebih dulu memberikan sambutan, menekankan pentingnya sosialisasi ini. Banyak hal baru yang akan disampaikan guna menopang kinerja para PK.

"Instrumen tersebut yang nanti akan disosialisasikan ini adalah instrumen terbaru guna untuk diketahui, guna untuk dilaksanakannya, dalam pembuatan litmas. Sehingga ke depan pembinaan yang akan diterapkan bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

"Semoga bisa berjalan dengan efektif (sosialisasi), karena instrumen ini sangat mendukung untuk melaksanakan giat pembuatan litmas, menyusun program pembinaan dan evaluasi," lanjutnya.

Dia juga berharap, dari sosialisasi ini, para PK dan Asisten PK dalam menyusun litmas yang berkualitas, sebagai pondasi pelaksanaan pembinaan Pemasyarakatan.

Kegiatan diikuti oleh para Kepala dan Pejabat Balai Pemasyarakatan serta para PK yang ada di Jawa Tengah.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#HDKD2021
#KumhamSemakinPASTI
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail