Kemenkumham Jateng Hadiri Seminar dan Peluncuran Buku Saku Akomodasi Yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Proses Peradilan

082B7C70 CAB3 402D B472 1B2442C1FA47

 

SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Bidang HAM yang diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan hadiri undangan Seminar yang dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, pada Kamis (27/01).

 

Seminar yang dilaksanakan pagi ini bertajuk Seminar dan Launching Buku Saku yang berjudul "Akomodasi yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan Pidana" yang dimoderatori oleh Ombudsman RI, Johanes Widianto.

 

Seminar dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Mualimin Abdi. Dalam Sambutannya, Mualimin Abdi menyampaikan bahwa Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM yang biasa dikenal dengan P5 HAM adalah tanggung jawab Negara terutama Pemerintah.

 

Dalam kegiatan ini terdapat 7 materi yang disampaikan oleh Narasumber. Paparan Pertama disampaikan oleh Direktur Instrumen HAM, Ir. Timbul Sinaga, M.Hum. tentang Akses Keadilan bagi Penyandang Disabilitas.

 

Paparan Kedua disampaikan oleh Mahkamah Agung RI, Yanto, SH., MH. tentang Aksesibilitas Peradilan Bagi Penyandang Disabilitas yang Berhadapan dengan Hukum di Indonesia. 

Paparan Ketiga disampaikan oleh Kepala Biro Kerjasama Polri, Brigjend Victor Theodorus Sihombing tentang Penanganan Perkara yang Aksesibel Bagi Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum.

 

Paparan Keempat disampaikan oleh Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, yang diwakili oleh Pahrudin Saputra, S. Ag. M.Si. 

Paparan Kelima disampaikan oleh Kejaksaan Agung RI yang diwakili oleh Fajar, SH.,MH tentang Akomodasi yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan. 

 

Paparan Keenam disampaikan oleh Direktur Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB), Dr. Suharto, S.S, MA tentang Akomodasi yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan.

 

Dan yang terakhir paparan Buku Saku yang berjudul "Akomodasi yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan Pidana" oleh Purwanti selaku Tim Penyusun.

 

Seminar dan Launching Buku Saku yang berjudul "Akomodasi yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan Pidana" ini turut mengundang dari perwakilan dari penyandang disabilitas, Unsur Kepolisian, Unsur Kejaksaan, Unsur Pengadilan, Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis kemenkumham seluruh Indonesia.


Cetak   E-mail