Apresiasi Batik Karya WBP Lapas Permisan, PIPAS Berikan Penghargaan Askara Abinawa

IMG 20220127 193933 794

NUSAKAMBANGAN - Tersandung masalah hukum tak membuat penghuni Lapas Kelas IIA Permisan berhenti untuk berkarya. Atas hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tersebut, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi, Kamis (27/01).

Penganugerahan penghargaan Askara Abinawa diserahkan oleh Penasihat Utama PIPAS Pusat Anna Reynhard kepada WBP pengrajin batik Lapas Kelas IIA Permisan.

Dalam sambutannya, Anna mengungkapkan kebanggaannya menggunakan batik hasil karya WBP Lapas Permisan yang telah menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam menghasilkan produk batik berkualitas.

"Kami bangga menggunakan hasil karya warga lapas ini karena kami ingin menunjukkan dan mengenalkan kepada dunia luar bahwa batik hasil karya WBP sangat layak untuk diapresiasi," puji Anna.

"Tetaplah berprestasi dan berkreasi. Daya kreasi, daya cipta, dan kreativitas tidak dapat dibatasi oleh apapun meskipun para WBP ada di dalam tembok pembatas," tandasnya memberi pesan bagi para WBP.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penghargaan Askara Abinawa tersebut yang secara perdana diberikan dalam rangka peringatan HUT PIPAS ini nantinya akan diberikan secara tahunan kepada WBP berprestasi lainnya.

Sebelumnya, Kalapas Permisan, Mardi Santoso, mengatakan inovasi motif batik terus diciptakan sebagai bukti inovasi produktivitas WBP-nya.

"Membatik merupakan program unggulan dari UPT kami. Penghargaan atas karya batik WBP Permisan menjadi semangat besar untuk berinovasi berkarya melestarikan budaya, dan mengisi hari hari dengan kegiatan produktif sehingga menjadi bekal saat kembali ke masyarakat nantinya,"

Tampak mengikuti kegiatan Penasihat PIPAS Jateng Restu Yuspahruddin beserta koordinator PIPAS Pusat maupun perwakilan dari anggota PIPAS Eks-Karesidenan Cilacap dan Nusakambangan.

Pada kesempatan usai penganugerahan penghargaan, rombongan berkeliling ke area bengkel kerja Lapas Permisan. Banyak hasil karya batik WBP yang sangat menarik perhatian para koordinator PIPAS pusat dan menuai pujian.

IMG 20220127 WA0084

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail