Bersama Inspektur Jenderal, Kakanwil Kemenkumham Jateng Lakukan Silaturahmi Dengan Pengurus MAJT

 IMG 20220523 WA0001

 

SEMARANG - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, hari ini Minggu (22/05) mendampingi Inspektur Jenderal, Razilu, untuk bersilaturahmi dengan pengurus Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

 

Usai melangsungkan sholat maghrib, rombongan diterima oleh Sekretaris Pengelola MAJT, Muhyiddin dan juga para jajaran oengurus MAJT, di ruang rapat khusus MAJT.

 

Mengawali pertemuan, Razilu memperkenalkan diri dan rombongan serta menjelaskan secara garis besar tugas dan fungsi yang diemban Kementerian Hukum dan HAM.

 

Selain itu ia juga menjelaskan sedikit tentang wilayah kerja Kanwil Jateng yang membawahi 71 Unit Pelaksana Teknis.

 

"Saya bersama Kakanwil Jateng yang mempunyai wilayah kerja paling besar se-Indonesia memiliki satuan kerja sebanyak 71, 62 diantaranya pemasyarakatan tempat untuk membina narapidana," tutur Razilu.

 

Lebih lanjut Razilu berterima kasih atas penerimaan yang baik dari para pengurus dan sesepuh. Ia mengharapkan ada perhatian khusus untuk Lapas dan Rutan.

 

Karena menurutnya, para warga binaan ini butuh siraman rohani dan nasihat dari para ulama.

 

"Para warga binaan ini butuh nasihat. Karena ketika tokoh agama atau sesepuh datang ke Lapas, warga binaan ini merasa diuwongke," katanya.

 

Sementara Kakanwil, A. Yuspahruddin, berkesempatan memperkenalkan wilayah kerjanya. Ia mengatakan Jawa Tengah memiliki wilayah khusus yaitu Nusakambangan yang memiliki 9 UPT.

 

"Disitu juga ada UPT khusus yaitu Lapas Super Maksimum Security, di Indonesia hanya ada di Nusakambangan dinamakan Lapas Karanganyar," terang Kakanwil.

 

Yuspahruddin melanjutkan, di Jawa Tengah memiliki UPT terbanyak namun memiliki warga binaan yang tergolong tidak banyak dengan narapidana sekitar 13ribu.

 

"Artinya tingkat kriminalitasnya Jawa Tengah tidak tinggi," jelasnya.

 

Senada dengan Irjen, Kakanwil berharap pengurus masjid untuk dapat melakukan pembinaan di Lapas Rutan.

 

"Kami mohon bantuan dan kerjasama kita dalam rangka melakukan pembinaan warga binaan," pintanya.

 

Silaturahmi berlanjut dengan santai dan ramah, pembahasan pun juga menitikberatkan pada pembinaan warga binaan khususnya pembinaan kerohanian.

 

Turut hadir dalam silaturahmi ini Kadiv Administrasi, Jusman, Kadiv Pemasyarakatan, Supriyanto, Kadiv Keimigrasian, Wishnu Daru Fajar, dan Kalapas Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji.

 

Sementara dari pengurus MAJT hadir Wakil Ketua I Edi Noersasongko, Wakil Ketua III Ahyadi, Sekretaris Bidang Pendidikan Eman Sulaeman, dan Sekretaris Bidang Humas dan Infokom Nur Khoirin

 

Hadir pula jajaran pengurus dari 2 (dua) Masjid besar di Semarang yaitu pengurus Masjid Agung Baiturrahman dan Masjid Agung Kauman Semarang.

 

IMG 20220523 WA0002


Cetak   E-mail