Kemenkumham Jateng Gelar Analisis dan Evaluasi Perda Nomor 6 Tahun 2016

IMG 20220705 WA0039

SEMARANG - Analisis dan evaluasi hukum memegang peran penting dalam proses perencanaan pembangunan hukum. Oleh karenanya, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah menggelar rapat Analisis dan Evaluasi Produk Hukum Daerah guna meninjau efektivitas dan relevansi produk hukum di daerah, Selasa (05/07).

Rapat yang berlangsung di Aula Kresna Basudewa itu dibuka oleh Kepala Bidang Hukum Deni Kristiawan dan menghadirkan narasumber dari Biro Hukum Setda Provinsi Jateng dan anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Provinsi Jateng. Deni mengungkapkan bahwa pembahasan analisis dan evaluasi hukum kali ini berfokus pada Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2016.

“Analisis evaluasi yang akan kita lakukan terhadap Perda Nomor 6 tahun 2016 nantinya tidak akan mengatur hanya Perda saja. Tapi juga peraturan pembentukan produk hukum daerah,” ujar Deni.

Lebih lanjut, Amalia selaku perwakilan dari Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa analisis dan evaluasi terhadap produk hukum menggunakan dua dimensi pendekatan, yaitu disharmoni pengaturan dan efektivitas/efisiensi, sehingga tercapai kualitas produk hukum.

Ada pun terdapat poin-poin penggantian substansi Perda Nomor 6 Tahun 2016 yaitu meliputi tata cara pembentukan beschikking, mekanisme proses uji, pembentukan produk hukum regelling selain Perda, partisipasi masyarakat, dll.

Senada dengan itu, Tim Pokja dari Biro Hukum Setda Provinsi Jateng juga mensyaratkan sahnya pembentukan produk hukum daerah adalah taat formil dan taat,materiil. Selain itu memaksimalkan pemanfaatan tekonolgi sebagai sarana sosialisai serta menampung aspirasi masyarakat.

Hadir mengikuti jalannya rapat Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Ahmad Shohib Zaeni, para Analis Hukum Kanwil Kemenkumham Jateng, dan Sekretariat DPRD dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, serta Kabupaten Demak. Turut serta perserta dari Sekretariat Daerah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Demak.

IMG 20220705 175809 857

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI

Cetak