Ikuti Kajian Rutin, Pegawai Kemenkumham Jateng Bekali Diri Menuju Bulan Ramadan

IMG 20240201 WA0028

SEMARANG - Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Sebelum memasuki bulan Ramadan, Ustadz Kholis Nur Mujahid membagikan tiga hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan penuh berkah itu.

Disampaikan melalui ceramah pada kegiatan pengajian rutin di Masjid Al-Hikmah Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kamis (01/02) pagi ini mengangkat tema “Bekali Diri Menuju Bulan Suci”.

"Ada riwayat dulu para sahabat Nabi selama 6 bulan sebelum ramadan berdoa kepada Allah agar mereka dapat bertemu dengan bulan ramadan dan selama 6 bulan setelah ramadan berdoa agar amalannya selama bulan ramadan diterima,” ujar Ustad dalam prakatanya.

Ia mengungkapkan, hal pertama yang perlu dipersiapkan ialah memperbanyak taubat dan istigfar. Di mana melakukan taubat nashuha, taubat yang tulus dan murni.

“Bertaubatlah kepada Allah sebenar-benarnya taubat. Dengan menyesali dosa yang lalu, menghindari dosa saat ini, dan ganti dengan kebaikan di bulan Ramadhan,” ujarnya

Yang kedua, ia menyampaikan untuk membekali diri dengan ilmu seperti memperbanyak membaca buku fiqih, ilmu seputar puasa, atau dapat dengan cara mengikuti kajian. Pada poin terakhir, tak lupa ia mengajak pegawai untuk memohon kemudahan dengan tawakkal pada Allah dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan. Terus memohon do'a pada Allah agar kita mudah menjalankan berbagai bentuk ibadah baik shalat malam, ibadah puasa itu sendiri, banyak berderma, mengkhatamkan atau mengulang hafalan Qur'an dan kebaikan lainnya.


Cetak   E-mail