Materi Pengamanan Pada Lapas Dan Rutan Oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah

 
 
 IMG 20190325 WA0007
Semarang (25/03/2019) – Peserta Diklat Teknis Pengamanan Bagi Petugas Pintu Utama (P2U) pada Lapas dan Rutan Angkatan III Tahun Anggaran 2019, yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah mendapatkan materi pertama dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Sutrisman, yaitu mengenai Pengamanan Pada Lapas dan Rutan.
 
Kepala Kantor Wilayah membagikan pengalamannya terkait dengan masalah pengamanan dalam Pemasyarakatan, berkaitan dengan penanganan gangguan kemanan dan tata tertib yang beliau tangani di beberapa wilayah kerjanya.
 
IMG 20190325 WA0006
 
Sutrisman juga menyampaikan bahwa beliau ingin menanamkan sikap bahwa bekerja menjadi bagian dari P2U bukan hanya untuk membuka dan menutup pintu saja, tetapi memiliki peran lebih dari itu. Petugas P2U harus bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya termasuk mempunyai keberanian dan ketegasan untuk melakukan penggeledahan terhadap siapapun tanpa kecuali yang masuk maupun keluar dari Lapas atau Rutan sesuai dengan aturannya. 
 
"Saudara adalah bagian pengamanan Lapas secara keseluruhan. Jadi jangan latah, apa yang perlu dilaporkan, laporkan saja meskipun itu teman sendiri karena hal tersebut sudah menjadi tugas kita. Pastikan tempat saudara bertugas aman," tegasnya.
 
IMG 20190325 WA0008
 
 
Pada akhir materi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah membuka sesi tanya jawab dengan peserta Diklat Teknis Pengamanan Bagi Petugas Pintu Utama (P2U) berkaitan dengan pelaksanaan pengamanan Lapas/Rutan.
 
KEMENKUMHAM #KolaborasiBerkinerja
“Always The Best”
 
(Humas Badiklatkumham Jateng)

Cetak   E-mail