Kunjungan Kerja Menteri Hukum dan HAM RI ke Purwokerto-Cilacap-Nusakambangan

IMG 2886

Nusakambangan – Kabupaten Cilacap merupakan Kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta lebih jiwa. Secara administratif Kabupaten Cilacap terbagi dalam 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan. Adapun Pulau Nusakambangan sendiri dengan luas mencapai 11.511 hektar dimana potensi yang ada di Pulau Nusakambangan antara lain keanekaragaman hayati (berbagai jenis tumbuhan dan hewan) dan merupakan hutan hujan tropis dataran rendah serta memiliki potensi pariwisata diantaranya goa-goa dan pantai yang indah yang merupakan laboratorium alam dan juga sumber air bersih terutama bagi warga masyarakat di Kampung Laut.

Ada beberapa permasalahan yang timbul di Pulau Nusakambangan diantaranya adanya penduduk liar yang setiap tahun jumlahnya semakin bertambah bahkan data terakhir mencapai sekitar 225 kepala keluarga, adanya pendangkalan atau sedimentasi di Kawasan Segara Anakan Nusakambangan serta illegal Logging yang mengakibatkan kondisi hutan Nusakambangan sebelah barat Lapas Permisan dan sebelah barat Lapas Batu Nusakambangan menjadi rusak dan sudah tidak berupa hutan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly beserta Pejabat Eselon 1 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Jaksa Agung RI HM Prasetyo, Kajati Jawa Tengah Hartadi rombongan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Asminan Mirza Zulkarnain melakukan kunjungan kerja ke Purwokerto, Cilacap dan Nusakambangan selama 2 hari pada hari Kamis dan Jum’at (11 s/d 12 Desember 2014). Kunjungan Menkumham beserta rombongan Kementerian Hukum dan HAM ini langsung diterima oleh Bupati Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

“penduduk liar yang ada di Kampung Laut bertahap harus dipindahkan secara bermartabat ketempat lain. Bahwa secara yuridis formal, Nusakambangan adalah milik Kemenkumham,” tutur Menteri Hukum dan HAM RI Yasona Hamonangan Laoly. Kunjungan Kerja Menteri Hukum dan HAM beserta Pejabat Eselon 1 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah selama 2 hari melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Soedirman Purwokerto dilanjutkan dengan pertemuan dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Pendopo Kantor Bupati Cilacap dan melakukan peninjauan akses masuk illegal Logging melalui jalur laut serta meninjau Tambang Holcim di Sodong Nusakambangan. Di hari ke-2, rombongan Menteri Hukum dan HAM beserta jajaran di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM melanjutkan kunjungan kerja melihat peternakan sapi di eks Lapas Kusta, mengunjungi Lapas Pasir Putih, Lapas Batu, Lapas Narkotika, Lapas Terbuka. Setelah itu, rombongan kembali ke Cilacap melakukan kunjungan kerja ke kantor Imigrasi Kelas 2 Cilacap.

Dengan adanya Kunjungan Kerja Menteri Hukum dan HAM beserta jajaran dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM ke Kabupaten Cilacap khususnya ke Pulau Nusakambangan diharapkan kedepannya adanya kerjasama antara Kementerian Hukum dan HAM dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dalam hal potensi pariwisata dan perawatan keanekaragaman hayati yang ada di Pulau Nusakambangan.

(Humas Kanwil Jateng)

IMG 2879

 

IMG 2857

IMG 2982

IMG 2924

IMG 2980

IMG 2972

 


Cetak   E-mail