Lapas Wanita Semarang Gelar Apel Siaga Pemasyarakatan

apel-siaga-01

SEMARANG – Untuk meningkatkan kompetensi dan integritas petugas pemasyarakatan, Lapas Klas IIA Wanita Semarang menggelar Apel Siaga Pemasyarakatan pada Kamis (2/10) yang diikuti oleh petugas pemasyarakatan dari Unit Pelaksana Teknis se-Kota Semarang diantaranya Lapas Klas I Semarang, Rupbasan Semarang dan Bapas Semarang. Bertindak sebagai Inspektur Apel Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Asminan Mirza Zulkarnain dan sebagai Komandan Apel Kepala Pengamanan Lapas Semarang, Putranti Rahayu. Menurut Ketua Penyelenggara yang sekaligus Kepala Lapas Wanita Semarang, Suprobowati dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini digelar juga sebagai upaya untuk menyatukan tekad, menguatkan komitmen dan meningkatkan semangat dalam melaksanakan tugas di bidang Pemasyarakatan dan juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan Nomor: PAS.HM.01.02-24 tanggal 9 April 2012 tentang Pembentukan Satgas Kamtib dan Pelaksanaan Apel Siaga serta adanya kesepakatan bersama antara Binmas Polda Jawa Tengah dengan jajaran Polsuspas pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan untuk melaksanakan Apel Siaga.

apel-siaga-02

 

apel-siaga-03

apel-siaga-05

Selain dihadiri beberapa pejabat struktural Divisi Pemasyarakatan Kanwil, apel juga dihadiri dari perwakilan Binmas Polda Jateng, Polres Kota Semarang, BNNP Jateng dan dari unsur TNI. Inspektur Apel dalam sambutannya menyatakan bahwa momentum pelaksanaan apel siaga ini sangatlah tepat guna mengantarkan untuk menjadi insan-insan pemasyarakatan yang tangguh dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Petugas Pemasyarakatan untuk menjadi Petugas Pemasyarakatan yang berkompeten karena saat ini Pemasyarakatan telah menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan tengah menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Lebih lanjut Inspektur berpesan bahwa tidak ada toleransi sedikit pun dengan keberadaan Halinar (HP, Pungli dan Narkoba) di Lapas dan Rutan, terus mengawaal program Getting to Zero HIV/AIDS, kurangi stigma dan diskriminasi warga binaan yang positif HIV dan TB serta turunkan angka kematian akibat AIDS.

Selesainya apel siaga dilanjutkan dengan materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi petugas pemasyarakatan, antara lain Penanggulangan Huru-Hara, Perawatan Senjata Api dan Penanganan Alat-alat Pemadam Kebakaran.

apel-siaga-06 

apel-siaga-07

apel-siaga-08 

Humas Kanwil Jateng


Cetak   E-mail