5 Hal Menjadi Pesan Penting Kakanwil Saat Pengarahan di Lapas Sragen

Lapassragen 6

SRAGEN - Mengawali pekan ketiga di bulan September, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Sragen, hari ini Senin (17/09). Kunjungan beliau diawali dengan pengarahan di Aula Lapas Sragen yang diikuti seluruh pegawai Lapas Sragen dan Rupbasan Sragen.Sebelum pengarahan, beliau mengajak seluruh pegawai yang hadir untuk mencairkan suasana agar tidak terlalu tegang mengikuti jalannya pengarahan dengan pekik Tata Nilai KAMI PASTI dan Jateng GAYENG. " Kehadiran saya ke sini yang pertama tentu untuk silaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Kakanwil, yang baru bertugas 1 Agustus lalu, " ucap beliau. Bapak Dewa Putu Gede mengatakan bahwa sudah menjadi rahasia umum peredaran narkoba marak terjadi di Lapas/Rutan, termasuk Lapas/Rutan yang ada di Jawa Tengah.

Lapassragen 1

Lapassragen 4

" Jika ada barang masuk ke dalam, terutama dengan cara dilempar maka ini merupakan kelemahan petugas, bisa jadi ada kerjasama dengan petugas baik dari aspek informasi maupun pengawasan, " sambung Dewa Putu Gede. Perlu dicatat,lanjut beliau,jika ada pegawai yang terlibat baik laki-laki maupun perempuan yang terlibat jaringan narkoba, tidak ragu-ragu lagi akan segerw saya pindahkan ke Lapas Highrisk Karanganyar Nusakambangan yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian pembangunan, " tegasnya.

Lima hal kembali disampaikan beliau dalam pengarahan pegawai di Lapas Sragen.Pertama sebagai bagian dari Kemenkumham, kita harus merasa bangga, jangan pernah berkecil hati untuk melakukan sesuatu yang benar. Kedua, sebagai ASN kita harus memiliki kepintaran secara nyata,  pintar dalam melakukan hal-hal yang baik dalam tugas. Hindari hal-hal yang negatif.

"Pola karir dan kenaikan pangkat ke depan berbasis kompetensi, oleh karenanya tingkatkan kompetensi dengan berbekal pengetahuan, "terangnya.  Pintar tidak hanya dari aspek pola pikir tapi juga bertindak dengan hati, " lanjut beliau.

Ketiga, kata Dewa Putu Gede, yakni kemampuan membangkitkan energi positif. "Energi positif harus ada pada setiap pegawai, gunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas," katanya.

Keempat, sambung Kakanwil, setiap pegawai harus memiliki integritas. Ini bukan pekerjaan mudah, namun bukannya sulit untuk dilaksanakan, " ujarnya.Sekali lagi, saya ingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan, konsekuensinya seperti yang saya sampaikan di awal, " tutur Kakanwil mengingatkan.

Kelima, keberanian. Setiap pegawai harus memiliki keberanian, keberanian untuk tidak melakukan suatu tindakan yang dapat meruntuhkan moral dan integritas.

Lapassragen 2

Lapassragen 3

Lapassragen 5

"Saat ini sedang dicanangkan program revitalisasi sistem pemasyarakatan. Masyarakat sedang menunggu perubahan. Pemasyarakatan akan dikembalikan lagi sesuai fungsinya seperti pada tahun 1964, " ujarnya.Diakhir pengarahannya, Kakanwil mengapresiasi kerapian pegawai dan ruang aula yang tampak bersih dan nyaman.Humas Kanwil Kemenkumham Jateng


Cetak   E-mail